Sukses

10 Cara Wajib Dicoba bagi yang Ingin Cepat Kurus

Liputan6.com, Jakarta Ketika ingin menurunkan berat badan, pastikan Anda mendapatkan saran dari pihak-pihak tertentu yang tahu betul bagaimana caranya untuk mencapai cita-cita Anda tersebut.

Untuk membantu Anda mengurangi berat badan tanpa membuat perut kelaparan atau membuat Anda hanya makan di satu waktu tertentu, lebih baik ikuti saran dari ahli yang memang berpengalaman dalam hal diet sehat.

Seperti dilansir dari Prevention, Rabu (26/10/2016), berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam upaya menurunkan berat badan, tanpa harus membuat Anda terlihat kekurangan gizi dan tentunya tetap sehat.

1. Jangan pernah merasa terlalu lapar

“Ketika tidak ada makanan sehat di sekitar Anda dan tubuh sudah merasa sangat lapar, akan membuat diri Anda sulit untuk menahan atau menunda makanan kurang sehat di sekitar Anda. Ketika memakannya, Anda pun akan menyesali perbuatan tersebut,” ujar penulis My Plate for Moms, How to Feed Yourself & Your Family Better, Elizabeth Ward RD.

Jadi lebih baik, selalu siapkan cemilan sehat seperti 1 ons kacang pistachio, telur rebus, beberapa biskuit gandum, greek yoghurt, atau seperempat cangkir kismis. Ingat juga untuk tidak melewatkan jam makan.

2. Jujurlah tentang jumlah kalori harian Anda

Semua orang memiliki kadar kalorinya masing-masing, baik ketika Anda sedang mencoba mempertahankan berat badan atau sedang mengurangi berat badan.

“Mengetahui jumlah kalori harian akan membantu Anda melakukan diet yang sehat dan mencegah rasa frustrasi mengenai soal mengontrol berat badan. Ketika Anda dapat merencanakan berapa jumlah kalori yang harus Anda konsumsi, maka Anda akan mengetahui juga berapa banyak porsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, dan sumber protein yang harus disertakan setiap hari dalam makanan Anda,” ungkap seorang ahli nutrisi, Elizabeth.

3. Gunakan aturan merah, oranye, dan hijau

“Setiap makanan mengandung salah satu warna tersebut. Dengan memfokuskan pikiran Anda pada hal tersebut, maka asupan kalori di piring makan Anda juga tidak akan tinggi karena umumnya makanan berwarna tersebut tergolong sehat seperti sayuran dan buah-buahan,” kata Lyssie Lakatos, RD, and Tammy Lakatos Shames, RD, penulis The Secret To Skinny: How Salt Makes You Fat.

4. Makan dengan porsi minimal

“Melakukan hal ini setiap hari, akan mengurangi konsumsi sekitar 75 kalori yaitu setara dengan hampir 8 pons berat badan yang berkurang selama satu tahun,” ujar Lyssie Lakatos, RD, dan Tammy Lakatos Shames, RD.

5. Minum banyak air putih

Air sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini juga akan membuat perut terasa penuh dan merasa kenyang, sehingga membuat akan membuat Anda makan lebih sedikit,” Lakatos dan Shames menerangkan.

6. Hindari konsumsi garam

"Garam adalah penyumbang utama kenaikan berat badan dan  sering menjadi penyebab mengapa angka di timbangan tak kunjung turun. Selain itu, garam juga membuat Anda lebih lapar dan lebih haus, sehingga penting untuk selalu mengecek makanan kemasan yang Anda beli, namun lebih baik lagi jika memilih makanan-makanan segar," tutur Lyssie Lakatos, RD, and Tammy Lakatos Shames, RD.

7. Menambahkan cabai
"Menambahkan cabai dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi rasa lapar, menurut studi yang dipublikasikan dalam Bristish Journal of Nutrition. Bahkan para ilmuwan di State University of New York menemukan bahwa capsaicin (senyawa dalam cabai), memicu otak untuk melepaskan endorfin," kata penulis Skinny Chicks Eat Real Food, Christine Avanti, CN.

8. Fokus pada keseimbangan nutrisi daripada perhitungan kalori

“Pastikan makanan Anda terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak, daripada hanya fokus menghitung jumlah kalorinya. Ini akan memberikan energi yang lebih banyak pada tubuh dan akan dicerna lebih lama, sehingga rasa kenyang terasa lebih lama,” ujar salah seorang anggota aktif dalam situs Prevention, Ashley Koff, RD.

9. Letakkan piring jauh dari tempat Anda makan

“Dengan cara ini, ketika merasa belum kenyang dan ingin menambah makanan, Anda pun akan berpikir dua kali karena Anda harus berdiri dan berjalan untuk mengambil lauk yang letaknya lumayan jauh dari jangkauan tangan Anda,” kata penulis Belly Fat Diet For Dummies, Erin Paliski-Wade, RD, CDE.

10. Makan sup terlebih dahulu

“Seseorang yang makan sup sayuran rendah kalori sebelum memulai makan besar akan mengonsumsi 20 persen kalori lebih sedikit saat mereka makan besar,” ujar Palinski-Wade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.