Sukses

Kenali Berbagai Manfaat Ubi Ungu

Ganti segera nasi putih dengan ubi ungu. Ubi ungu menyimpan kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kaya sumber daya pangan lokal seperti ubi ungu. Ubi ungu kaya akan kandungan gizi makro, mikro, serta dua antioksidan alami antosianin dan karoten yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, kandungan semacam itu membuat ubi ungu berpotensi dikembangkan sebagai bahan pangan pokok pengganti beras.

"Selain mengandung karbohidrat kompleks, ubi ungu juga mengandung vitamin A, B, dan C serta zat besi dan kalsium. Ubi ungu juga kaya serat yang baik untuk saluran cerna dan mengandung antosianin yang merupakan antioksidan yang lebih kuat dari vitamin C," kata Ali Khomsan dalam diskusi "Kenali Berbagai Manfaat Ubi Ungu" di Jakarta, Senin (5/9/2016).

Ali melanjutkan, dengan mengonsumsi ubi ungu, kita dapat meningkatkan asupan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang baik untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif.

Tidak heran bila ubi ungu digolongkan sebagai superfood karena mengandung unsur fitokimia antosianin dan betakaroten yang merupakan antioksidan yang dapat mendukung kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.