Sukses

Benang Gigi Tidak Efektif Bersihkan Plak?

Para ahli selalu menyarankan bahwa benang gigi membantu mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.

Liputan6.com, Jakarta Para ahli selalu menyarankan bahwa benang gigi membantu mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang. Tapi seorang profesor gigi terkemuka, Damien Walmsley, dari Birmingham University mengatakan hanya ada bukti yang lemah mendukung klaim tersebut.

Benang gigi mungkin tidak membuat perbedaan untuk kesehatan gigi Anda sama sekali, seorang dokter gigi Inggris mengingatkan, dilansir laman Mirror, Kamis (4/8/2016).

Damien mengklaim waktu dan biaya yang diperlukan untuk studi itu, tidak membuktikan kesehatan dengan benang gigi. "Ujicoba lebih canggih diperlukan."

Seorang juru bicara Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan, "Beberapa orang mungkin tidak memiliki ruang yang cukup besar antara gigi untuk dibersihkan dengan sikat gigi sehingga benang gigi menjadi alternatif yang berguna."

Satu review tahun lalu mengatakan, "Mayoritas studi yang tersedia gagal untuk menunjukkan bahwa benang gigi umumnya efektif dalam menghapus plak."

Bahkan benang gigi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi, karena teknik yang buruk. Juga mencabut bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

"Sikat antar gigi kecil yang terbaik untuk membersihkan daerah di antara gigi. Benang gigi mempunyai nilai yang sangat kecil kecuali ruang antar gigi Anda terlalu ketat untuk disikat, tanpa menyakiti, atau menyebabkan kerusakan," ujar British Dental Association.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini