Sukses

Awas, Makan Sambil Main HP Bikin Gemuk

Padahal kebiasaan makan sambil bermain gim atau membaca berita di HP bisa membuat porsi makan lebih besar.

Liputan6.com, New York- Pada era modern, orang cenderung melakukan apa pun sambil bermain HP. Termasuk saat makan. Padahal kebiasaan makan sambil bermain gim atau membaca berita di HP bisa membuat porsi makan lebih besar. Alhasil berat badan pun jadi mudah naik.

Saat makan sambil bermain HP membuat Anda tidak berkonsentrasi makan. Hal ini membuat porsi makan jauh lebih besar dan waktu makan jadi lebih lama seperti diungkap dalam studi yang dipublikasikan dalam Trends in Food Science & Technology.

Makan sambil melakukan hal-hal lain seperti bermain HP membuat sinyal perut ke otak jadi terganggu. Hal ini membuat respon otak kurang baik saat menerima pesan bahwa perut sudah kenyang seperti dikutip laman Men's Health, Selasa (12/7/2016).

Selain kurang mengetahui sudah berapa banyak makanan yang masuk ke tubuh orang yang mendapat gangguan saat makan meningkatkan risiko makan berlebih makanan yang tidak sehat.

Hal ini tak hanya berlaku pada penggunaan HP saja tapi juga makan sambil menonton televisi, mendengarkan musik, serta bermain komputer.

Oleh karena ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dengan duduk dan fokus menikmati makanan. Paling tidak mengunyah tiga suap sebelum sambil melakukan hal lain. Aktivitas tersebut dinamakan mindful eating, yang bisa membuat rasa puas besar saat makan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini