Sukses

Pentingnya Vaksin Flu bagi Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta - Bayi yang belum lahir dilindungi oleh sang ibu melalui vaksin flu, sebuah studi baru menemukan. Namun, imunitas akan memudar dalam beberapa minggu setelah lahir.

Peneliti mengukur kemanjuran vaksin flu pada anak-anak yang belum lahir dari ibu hamil yang divaksinisasi dengan membandingkan tingkat penyakit, dan tingkat antibodi di 1.026 bayi yang lahir dari ibu yang divaksinisasi dan 1.023 lahir dari ibu yang tidak divaksinisasi, dilansir laman Nytimes, Senin (11/7/2016).

Vaksin ini sekitar 86 persen efektif sampai bayi berusia delapan minggu. Tapi antara delapan dan 24 minggu, kekuatan menurun dengan cepat, dan efek dari vaksin menjadi statistik tidak signifikan.

Marta C. Nunes, penulis dan peneliti di University of Witwatersrand di Johannesburg, menekankan bahwa vaksinisasi selama kehamilan adalah penting.

"Ini penting, memvaksinisasi perempuan selama kehamilan. Ibu hamil adalah kelompok berisiko tinggi, dan vaksinisasi mereka melindungi bayi mereka," ujarnya.

Vaksin pada wanita hamil menganugerahkan kekebalan tahan lama pada bayi. Lantaran tidak ada vaksin flu yang disetujui untuk bayi di bawah usia enam bulan.

"Kami harus bekerja untuk menciptakan vaksin yang bekerja pada bayi atau imunogenik pada ibu sehingga antibodi nya bertahan lebih lama," tandasnya.