Sukses

Para Selebritas Dunia pun Terkena Lupus, Siapa Saja Mereka?

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia (World Lupus Day). Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang sel sendiri.

Lupus rumit untuk didiagnosis karena gejala sangat bervariasi. Mulai dari ruam kulit, sensitif terhadap cahaya, dan bisul pada mulut. Ada juga kasus yang lebih serius seperti kejang ataupun masalah ginjal yang mengancam jiwa. Tak heran jika lupus disebut penyakit seribu wajah.

Meski penyakit ini bisa mengancam jiwa, dalam sebagian kasus orang yang terkena penyakit ini bisa hidup normal.

Siapa saja bisa terkena, termasuk para selebritas dunia. Berikut tujuh selebritias dunia yang mengidap penyakit yang juga disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE) ini dan tetap bisa berkreasi, seperti dilansir dari laman Health, Selasa (10/5/2016).

1. Selena Gomez

Pada 2014, Selena menarik diri dari gemerlap dunia showbiz. Sehingga muncul rumor penyanyi cantik ini sedang rehabilitasi karena narkoba dan kecanduan alkohol. Padahal faktanya, ia sedang dalam perawatan Lupus.

"Aku didiagnosis lupus dan aku baru saja menjalani kemoterapi. Itulah alasan aku break," tutur Selena kepada Billboard pada 2015.

Saat terkena lupus, Selena memang membatalkan konsernya. Namun kini ia sudah bisa beraktivitas kembali. Pada 6 Mei 2016, ia memulai konser tur dunia. Sebagian pendapatan konser akan didonasikan untuk penelitian penyakit lupus.

2. Lady Gaga

Pada 2010, Ladu Gaga mengatakan kepada pembawa acara senior Amerika Serikat Larry King bahwa ia sedang dalam tahap tes penyakit lupus. Namun untuk bisa menegakkan diagnosis seseorang harus memiliki gejala tertentu dan serta hasil tes darah positif yang menunjukkan darahnya diserang antibodinya.

Namun hingga kini, belum diketahui dengan pasti Lady Gaga terdiagnosis lupus atau tidak.

3. Tony Braxton

Penyanyi yang dikenal dengan lagu "Unbreak My Heart" ini didiagnosis terkena lupus pada 2008. Ia mengungkapkan pada publik lewat cuitan di Twitter pada November 2011 tentang semangatnya dalam menghadapi pengobatan lupus:

"Lupus medication actually causes most women to gain weight. But we’re still fabulous! I’m going to work it on out."

Menurut ahli kesehatan dari Lupus Foundation of America, Dawn Isherwood, pengobatan lupus dengan kortikosteroid memang bisa meningkatkan berat badan. Namun olahraga bisa membantu mereka menjaga berat badan serta meningkatkan kualitas hidup.

4. Seal

Bekas luka yang ada di wajah Seal merupakan disebabkan discoid lupus erythematosus. Ini adalah jenis lupus yang berdampak pada kulit, biasanya pada kulit wajah dan kepala.

Seal dan orang-orang lain yang terkena lupus jenis ini sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet dan sangat berhati-hati terhadap paparan matahari.

5. Michael Jackon

Melansir Healthline, meski tidak pernah secara resmi terbukti, banyak bukti yang mengklaim bahwa Michael terkena Lupus. Mulai dari ia enggan terpapar sinar matahari serta perilaku tidak menentunya.

Loading