Sukses

Ternyata 3 Jenis Hewan Ini pun Ada yang Albino

Tidak hanya disandang manusia, banyak hewan yang mengalami kondisi albino.

Liputan6.com, Jakarta Albinisme merupakan kelainan di mana individu mengalami kekurangan pigmen yang memberikan warna pada tubuh. Individu dengan albino paling mudah dikenali melalui warna tubuhnya yang biasanya berwarna putih.

Tidak hanya disandang manusia, banyak hewan yang mengalami kondisi ini, meskipun saat ini jumlahnya tergolong langka karena diburu oleh manusia. Dilansir dari List25, Senin (2/5/2016), berikut adalah beberapa hewan albino yang masih ada dan mengagumkan untuk dilihat.

Singa

Singa merupakan hewan yang pejantannya dapat mencapai berat 250 kg. Singaalbino memiliki bulu berwarna putih, di mana biasanya bulunya berwarna kekuningan, kemerahan, atau kecoklatan. Selain singa, macan albino yang berasal dari sesama keluarga kucing juga memiliki bulu berwarna putih dengan loreng berwarna coklat tua. Macan albino yang banyak ditemui adalah Macan Bengal yang berasal dari India. Rasio macan putih adalah 1 di antara 10.000.

Burung

Beberapa burung telah lahir dengan warna putih karena albino. Salah satu yang paling terkenal adalah burung merak yang ekornya memiliki keindahan luar biasa. Merak albino memiliki kemiripan dengan merak leucist di mana keduanyasama-sama memiliki bulu berwarna putih seutuhnya. Perbedaannya adalah merak albino memiliki mata merah atau pink sedangkan leucist memiliki mata biru. Selain itu, meski burung albino tidak selangka hewan albino lain, tetapi menemukan burung albino masih merupakan hal yang unik. Salah satu burung albino yang mudah dijumpai adalah mockingbird yang terkenal dengan suaranya yang menirukan suara burung lain. Mockingbird dapat ditemui di daerah Amerika.

Koala

Hewan khas Australia ini adalah hewan yang biasanya berbulu kecoklatan atau abu-abu. Tetapi koala albino pernah ditemui pada tahun 1997 di Kebun Binatang San Diego dan diberi nama Onya-Birri. Tubuh koala ini sepenuhnya berwarna putih demikian juga dengan bulunya, membuatnya jadi salah satu hewan albino yang paling langka.

Itu adalah beberapa hewan albino yang masih hidup hingga saat ini dan dapat Anda temui, namun tentu saja hewan-hewan ini terpencar di seluruh dunia dan masih berusaha untuk tetap dilestarikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini