Sukses

Waspada, 10 Jenis Kanker Intai Orang Obesitas

Liputan6.com, Jakarta Hampir setengah dari orang dewasa di Inggris tidak tahu bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker. Jajak pendapat yang dilakukan World Cancer Research Fund menemukan, 41 persen dari jumlah populasi di sana tidak menyadari obesitas memiliki kaitan yang erat dengan sejumlah penyakit mematikan. 

Kelebihan berat badan atau obesitas atau BMI lebih dari 25 berisiko mengembangkan 10 jenis kanker yang berbeda, termasuk usus, payudara, hati, dan kanker pankreas. Hal ini juga menimbulkan risiko kanker ginjal, rahim, ovarium, kandung empedu, dan prostat.

Dari jajak pendapat itu ditemukan juga sebesar 54 persen dari mereka tidak menyadari, kurang aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kanker. Jika kebanyakan penduduk di negara bagian Inggris santai saja menghadapi hasil tersebut, berbeda dengan orang dewasa di bagian Timur kota Inggris yang mulai mengubah perilaku hidup mereka, termasuk pola makan yang lebih baik.

Tentu diimbangi dengan tidak merokok dan menjaga berat badan di angka yang ideal.

Director at World Cancer Research Fund UK, Amanda McLean mengatakan, hasil ini sungguh mengkhawatirkan, dan menyayangkan cukup banyak orang yang masih tidak menyadari kelebihan berat badan dapat meningkatkan peluang mereka terkena kanker.

"Bahkan penelitian kami telah menunjukkan, sekitar 24.000 kasus kanker di Inggris dapat dihindari jika setiap orang memiliki berat badan yang ideal dan sehat," kata dia seperti dikutip dari situs Daily Mail, Rabu (6/1/2016).

Di tahun yang baru ini, dia berharap orang bisa mengubah perilaku hidupnya.*