Sukses

Lakukan 5 Langkah Ini Bila Anak 1 Tahun Terhirup Benda Asing

Orang tua meski waspada dan paham soal langkah pertolongan pertama kepada sang anak, apalagi buah hatinya sudah berusia di atas 1 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kasus anak yang terhirup benda asing butuh penanganan khusus dari orang tuanya, sebagai langkah awal sebelum dibawa ke rumah sakit. Orang tua meski waspada dan paham soal langkah pertolongan pertama kepada sang anak, apalagi buah hatinya sudah berusia di atas 1 tahun.

"Pada umumnya, tertelan atau terhirup benda asing paling sering terjadi pada anak berumur 6 bulan sampai 4 tahun karena saat itu anak sedang dalam masanya menggunakan mulut untuk mengeksplorasi banyak hal," kata dokter spesialis anak sekaligus penulis buku 'Don't Worry to be A Mommy!', dr Meta Hanindita, Sp.A kepada Liputan6.com pada Kamis (5/11/2015) siang.

Dokter Lulusan Universitas Airlangga, Surabaya tersebut memaparkan, ada lima pertolongan pertama bila anak-anak berusia di atas 1 tahun terhirup benda asing.

1. Letakkan anak dengan posisi tengkurap dengan kepala lebih rendah.

2. Berikan 5 pukulan dengan menggunakan tumit dari telapak tangan pada bagian belakang anak (interskapula).

3. Bila obstruksi masih tetap, berbaliklah ke belakang anak dan lingkarkan kedua lengan mengelilingi badan anak. Pertemukan kedua tangan dengan salah satu mengepal dan letakkan pada perut bagian atas (di bawah sternum) anak, kemudian lakukan hentakan ke arah belakang atas. Lakukan Heimlich tersebut sebanyak 5 kali.

4. Bila obstruksi masih tetap, evaluasi mulut anak apakah ada bahan obstruksi yang bisa dikeluarkan.

5. Bila diperlukan bisa diulang dengan kembali melakukan pukulan pada bagian belakang anak.

Dalam keadaan darurat, orangtua harus langsung membawa anak ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit. "Kalau tertelan, cari tahu dulu tertelan benda apa karena ini pun akan sangat mempengaruhi penanganannya," pungkas dr. Meta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini