Sukses

Vaksin Flu Cegah Komplikasi Gagal Jantung

Saat terkena flu, denyut jantung akan berdegup lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan metabolik.

Liputan6.com, Jakarta Saat terkena flu, denyut jantung akan berdegup lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan metabolik. Bila terjadi pada penderita penyakit jantung, hal ini bisa berakibat fatal.

Begitu disampaikan ahli penyakit dalam dari Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo, Sukamto Koesno di sela acara Pencegahan Influenza di Indonesia di Hotel Ibis, Jakarta, Kamis 29 Oktober 2015.

"Pada penderita gagal jantung, flu akan memperburuk kondisinya. Ketika denyut jantung menjadi cepat, aliran darah ke otak terganggu dan dapat berujung pada kematian," katanya.

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Syamsuridjal Dzauji menambahkan, rekomendasi vaksin flu kini telah mulai dilakukan Perhimpunan Dokter Jantung dan Paru untuk mencegah komplikasi penyakit kronis. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini