Sukses

Ratusan Penderita Kusta di Sawaerma, Asmat Dapat Perhatian Kemkes

Menkes tugaskan kadinkes Papua drg Aloysius Giyai untuk memantau perkembangan penderita penyakit kusta di Kampung Mumugu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg Aloysius Giyai untuk memantau perkembangan penderita penyakit kusta di Kampung Mumugu, Distrik Sawaerma, Kabupaten Asmat.

"Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menugaskan saya untuk melihat kampung Mumugu seperti apa terutama kondisi penderita kusta di daerah itu," kata Aloysius di Jayapura, Jumat.

"Saya bersama rombongan sudah memantau kondisi penderita kusta di Kampung Mumugu, Asmat, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung Mumugu Dua pada Kamis (17/9) lalu dan saya akan laporkan hasilnya ke ibu Menteri Kesehatan," katanya.

Selain penugasan dari Menteri Kesehatan, kata dia, Gubernur Lukas Enembe juga menugaskan dirinya untuk memantau kebutuhan masing-masing kabupaten di provinsi Papua khususnya di bidang kesehatan.

"Gubernur Papua Lukas Enembe juga menyampaikan bahwa keliling lihat masyarakat kita di masing-masing kabupaten sehingga mana hal-hal menyangkut kesehatan yang Pemerintah Kabupaten tanggung, hal-hal mana yang Pemerintah Provinsi tanggung dan mana yang Pemerintah Pusat bisa tanggung untuk perencanaan ke depan," ujarnya.

Aloysius mengaku sudah dua kali mengunjungi Mumugu, kunjungan pertama bersama mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi pada 2013 lalu.

"Saya sudah datang ke Mumugu dua kali, tahun lalu saya datang bersama ibu mantan Menteri Kesehatan mama Nafsiah Mboi, datang sama-sama pakai helikopter dari Timika," ujarnya.

Menurut dia, ada perubahan siginifikan yang terjadi di Mumugu terhadap pengobatan penderita kusta walaupun belum seberapa.

"Saya lihat ada perubahan yang terjadi, kami senang, puskesmas juga ada perubahan dan kemajuan, dulu petugas kesehatan hanya tiga orang, sekarang sudah ada delapan orang," ujarnya.

"Tahun lalu saya dengan ibu mantan menteri datang tidak seperti begini, saya akan sampaikan kepada mama Nafsiah Mboi biarpun turun dari menteri tapi saya akan sampaikan bahwa masyarakat kampung Mumugu ada perubahan yang banyak terjadi," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat dr Pieter Pajala mengatakan, penyakit kusta di Mumugu belakangan ini meningkat, yang mulanya sekitar 140 penderita kusta bertambah menjadi 166 orang.

"Awal Agustus ditemukan 140 orang terserang kusta kemudian teman-teman bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) melakukan sweeping diseluruh Distrik Sawaerma akhir Agustus, ditemukan sekitar 20 penderita kusta, jadi semua berjumlah 166 orang penderita kusta," katanya.

Pastor Hendrik Kada Pr yang bertugas di Distrik Sawaerma mengatakan jumlah pasien kusta di Mumugu bertambah dari sekitar 150 orang pada akhir 2014, kini menjadi 165 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.