Sukses

Tips Atasi Tumit Pecah-pecah dengan Bahan Alami

Agar terhindar dari kulit tumit pecah-pecah, Anda bisa mencoba beberapa resep dan pelembap alami berikut

Liputan6.com, Jakarta Tumit kaki pecah-pecah adalah masalah yang kerap dihadapi individu semua usia. Tak hanya menghinggapi kaum hawa, pria pun bisa mengalami hal ini. Umumnya kulit tumit pecah karena kurangnya pelembap atau berdiri terlalu lama, menggunakan sabun dengan bahan kimia keras, udara dingin, terus-menerus terkena air, obesitas, serta efek penggunakan alas kaki yang tak tepat.

Kelainan kulit seperti eksim dan psoriasis atau penyakit tiroid dan diabetes juga bisa menyebabkan kulit tumit pecah-pecah. Tak hanya terasa sakit, tumit pecah pun bisa mengakibatkan infeksi dan pastinya membuat penderitanya terlihat tak menarik.

Agar terhindar dari kulit tumit pecah-pecah, Anda bisa mencoba beberapa resep dan pelembap alami berikut, dikutip dari laman Thescienceofeating, Selasa (22/9/2015).

Merendam kaki dalam air hangat bisa membantu melancarkan peredaran darah dan relaksasi. Bila Anda hanya punya waktu luang 10 menit setiap harinya, sangat disarankan menggunakannya untuk merawat kaki. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan alami untuk merendam kaki

Bahan-bahan alami di bawah ini bisa Anda gunakan untuk merendam kaki:

Garam epsom

Garam epsom membantu menyembuhkan tumit yang pecah-pecah karena melancarkan sirkulasi darah. Selain itu kandungan magnesium dalam garam epsom menyehatkan kulit dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Cuka apel

Asam asetat dalam cuka apel membantu melembutkan kulit dan memudahkan proses eksfoliasi. Merendam kaki dalam cuka apel juga bermanfaat untuk kaki yang lelah.

Sari lemon

Sari lemon memiliki kandungan asam alami ringan yang bisa melepaskan sel kulit kering dan mati di kaki. Sari lemon juga membuat kulit Anda terasa halus dan cantik.

 

3 dari 3 halaman

Pelembab alami terbaik untuk tumit pecah-pecah

Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah di bagian tertentu anggota tubuh. Minyak kelapa membantu melembapkan sekaligus menghalau jamur dan infeksi bakteri karena bersifat antimikroba dan antifungal.

Pastikan Anda sudah lebih dulu merendam kaki dengan bahan-bahan alami yang sudah disebutkan dan menggosoknya dengan batu apung. Bilas kaki lalu keringkan dan olesi dengan minyak kelapa. Berikan perhatian lebih pada bagian yang pecah-pecah. Lalu kenakan kaos kaki berbahan katun selama tidur malam. Lakukan hal ini secara rutin setiap malam hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Minyak Zaitun

Anda juga bisa menggukan minyak zaitun untuk mengatasi pecah-pecah di tumit kaki. Pijat kaki dengan gerakan memutar dan tekanan sedang dengan minyak zaitun.

Gliserin

Gliserin bisa jadi bahan alami untuk mengobati tumit pecah-pecah karena bersifat melembapkan.

Caranya:
- Buat campuran gliserin dan sari lemon dalam jumlah seimbang. Anda juga bisa menambahkan air mawar ke dalam campuran ini.
- Oleskan pada kaki
- Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air
- Lakukan hal ini setiap hari selama sekitar dua minggu

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini