Sukses

Kenapa Anak Perlu Diberi Les, Ini Alasannya

Inilah manfaat les atau bimbingan tambahan bagi seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar

Liputan6.com, Jakarta Les atau bimbingan tambahan dianggap sangat membantu seorang anak menghadapi semua soal matematika yang bisa membuat mereka cemas. Dari satu penelitian yang dilakukan di California, Amerika Serikat, les tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif dan kinerja, tetapi juga membantu mengurangi kecemasan.

Sekali pun anak itu jago matematika, dia tetap merasa cemas jika ditugaskan memecahkan soal-soal matematika. "Kecemasan ini terjadi di sepanjang hidup kita. Sampai kapan pun. Maka itu ketika mereka kecil dapat dibantu dengan les tambahan," kata Vinod Menon, profesor of pscyhiatry and behavioural sciences di Stanford University School of Medicine di California dikutip dari situs Times of India, Rabu (16/9/2015)

Sebuah penelitian dengan melibatkan 46 orang anak yang masih duduk di bangku kelas 3 SD pun dilakukan. Sebelum menerima les, mereka diharuskan mengikuti tes untuk menilai kecemasan yang dialami ketika menghadapi pelajaran dan soal matematika. Setelah dilakukan pemindaian otak terlihat aktivitas di pusat otak yang menandakan mereka sedang takut.

Namun, setelah diberi les, rasa takut itu berkurang cukup banyak. "Hal ini menandakan, kita bisa membantu mengurangi kecemasan pelajaran matematika pada anak dengan memberi mereka les," kata Vinod yang telah memasukan penelitian ini ke dalam Journal of Neuroscience.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.