Sukses

Pensiunan Lebih Sehat Ketimbang yang Masih Bekerja

Benarkah pensiunan lebih sehat daripada pekerja? Berikut penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Pensiunan dapat menggunakan waktu luang mereka untuk menjadi lebih sehat dengan tidur yang cukup, olahraga yang rutin enam kali dalam seminggu dan dilakukan 30 hingga 40 menit dalam sehari, dan terhindar dari stres yang mungkin kerap terjadi kala berhadapan dengan pekerjaan kantor yang menumpuk.

Fakta ini didapat setelah Ekonom dari New York bernama Peter Eibich menganalisa data pensiunan masyarakat Jerman dari 1994 hingga 2014. Sekaligus menampik kepercayaan yang terlanjur dipercaya, masa pensiun merupakan tahap pertama menurunnya kesehatan seseorang.

Peter mengatakan, justru orang yang pensiun dapat menilai sendiri kesehatan fisik dan mental mereka ketimbang orang yang bekerja. Bahkan, orang pensiun pun dapat mengurangi waktu berkunjung ke dokter karena mereka melakukan beragam hal menyehatkan yang dilakukan ketika pensiun.

Penelitian yang dipresentasekan pada kongres tahunan Asosiasi Ekonomi Eropa di Mannheim, Jerman, disebutkan pensiunan sekarang justru lebih aktif, dan tak ingin hidup dengan bermalas-malasan. Tak heran bila banyak pensiunan yang turun langsung merawat kebun, taman, dan mengurus cucu. Jangan salah, mengurus cucu pun membuat stamina pensiunan jadi lebih baik.

Dikutip dari situs Daily Mail, Senin (7/9/2015), hanya enam persen pensiunan yang tetap merokok. Sedangkan 11 persen lainnya memilih mengubah pola hidupnya dengan tidak merokok dan lebih aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini