Sukses

Banyak Persoalan, Komisi IX DPR RI Bentuk Panja BPJS Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Aktivasi keanggotaan, e-catalog, pelayanan fasilitas kesehatan dan aneka masalah lain kerap dikeluhkan masyarakat maupun pelayanan kesehatan terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Guna menguraikan masalah yang ada Komisi IX DPR RI akan membentuk panitia kerja (panja) BPJS Kesehatan.

"Melihat ada persoalan begitu banyak, kita harus coba selesaikan dalam panja BPJS Kesehatan. Lewat panja ini kita lebih bisa berkonsentrasi sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan tuntas," terang anggota Komisi IX DPR RI, Siti Masrifah dalam Diskusi Publik: BPJS Kesehatan, Perlindungan atau Komersialisasi Kesehatan? yang digelar di Plasa Festival, Jakarta pada Minggu (9/8/2015).

Masrifah menuturkan, sebenarnya sejak sidang sebelumnya sudah ingin membahas hal tersebut. Ia pun berharap, pada sidang selanjutnya bisa dibahas tentang aneka persoalan BPJS Kesehatan kemudian mengurai benang kusut hingga tuntas lewat panja. "Kita harus memberikan perbaikan-perbaikan pada BPJS Kesehatan. Jika ada yang perlu dihilangkan ya dihilangkan, tapi kalau perlu ditambah ya ditambahkan," terangnya.

Beberapa persoalan yang akan dibahas dalam panja ini adalah e-catalog, INA-CBG, fasilitas kesehatan, ketersediaan obat, keluhan rumah sakit yang merugi. Dalam kesempatan ini, Masrifah pun meminta masyrakat yang memiliki masalah dengan BPJS Kesehatan untuk melaporkan.