Sukses

Saat Pria Mengalami 'Menopause', Apa yang Terjadi?

Perubahan hormon terkait pertambahan usia sejatinya juga terjadi pada pria.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon terkait pertambahan usia sejatinya juga terjadi pada pria. Pada wanita, perubahan hormon itu disebut menopause. Tentu saja “menopause” pria ini beda dengan wanita. Mari kenali tanda-tanda dan gejalanya.

Pertambahan usia juga menjadikan kadar hormon testosteron menurun pada pria. Kadang kondisi ini disebut “menopause pria”. Namun, banyak dokter menggunakan istilah andropause untuk menggambarkan penurunan kadar hormon karena usia pada pria.

Menopause pada wanita ditandai dengan berhentinya proses ovulasi dan produksi hormon menurun drastis dalam periode waktu relatif singkat. Pada pria penurunan hormon ini terjadi perlahan. Meskipun demikian, tetap terjadi perubahan pada fungsi seksual dan kadar energi yang kadang tidak diperhatikan selama bertahun-tahun.

Masing-masing pria memiliki kadar testosteron berbeda-beda. Namun, secara umum, pria berumur cenderung memiliki kadar hormon yang lebih rendah dibandingkan dengan pria muda. Kadar hormon testosteron itu secara bertahap menurun selama masa dewasa.

“Kurang lebih satu persen per tahun setelah usia 30 tahun. Hingga usia 70 tahun, penurunan hormon itu bisa terjadi hingga 50 persen,” ujar Prof. Dr. Arief Adimulja, Sp.And, ahli andrologi dari RS AL Ramelan Surabaya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda testosteron rendah


Kadar testosteron rendah itu bisa saja muncul tanpa tanda atau gejala, namun penurunan itu bisa memberi tanda berupa:

* Perubahan fungsi seksual
Hal ini bisa berupa disfungsi ereksi, berkurangnya ereksi spontan seperti ketika tidur dan ketidaksuburan. Kemungkinan testis juga menjadi kecil.

* Perubahan pola tidur
Kadang kadar testosteron rendah menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia atau justru jadi sering mengantuk.

* Perubahan fisik
Contohnya, terjadi peningkatan lemak tubuh, berkurangnya otot, kekuatan, daya tahan, dan berkurangnya kepadatan tulang. Semburan panas dan kurang berenergi juga mungkin terjadi meskipun sangat jarang.

* Perubahan emosi
Rendahnya testosteron mungkin juga menyebabkan berkurangnya motivasi atau kepercayaan diri. Anda mungkin merasa sedih dan depresi, susah berkonsentrasi, dan kesulitan mengingat banyak hal.

Jika Anda curiga memiliki kadar testosteron yang rendah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan mengevaluasi tanda dan gejala yang dialami. Kemudian minta dokter untuk menjelaskan pilihan terapi yang tersedia.

 

 

3 dari 3 halaman

Solusi testosteron rendah

Di samping itu, Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk membantu mengatasi kadar hormon rendah:

Jujur dengan dokter
Agar dokter bisa menerapi dengan tepat, jujurlah pada dokter mengenai masalah kesehatan yang mungkin menyebabkan tanda-tanda dan gejala. Bisa juga masalah itu disebabkan efek samping pengobatan, disfungsi ereksi, atau masalah seksual lain.

Lakukan gaya hidup sehat
Mengonsumsi makanan sehat dan berolah raga teratur bisa sangat membantu mengatasi masalah Anda. Hidup sehat membantu Anda menjaga kekuatan, energi dan massa otot. Latihan olah raga juga membantu memperbaiki suasana hati dan membuat tidur jadi nyenyak.

Cari pertolongan saat merasa jatuh
Pria bisa mengalami depresi ketika merasa mudah marah dan terisolasi. Tanda umum depresi pada pria termasuk di antaranya adalah bekerja berlebihan, minum alkohol berlebihan, menggunakan obat terlarang. Berkonsultasilah dengan seorang dokter ahli jiwa atau psikolog untuk mendapatkan pertolongan.

Hati-hati suplemen herbal
Suplemen herbal belum terbukti aman dan efektif untuk mengatasi kadar hormon testosteron yang disebabkan oleh penuaan. Jangan sembarangan minum suplemen karena beberapa jenis suplemen mungkin malah membahayakan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini