Sukses

Ada Satu Cara Melahirkan dengan Cepat Tanpa Sakit

Dokter kandungan, Dr Michel Odent ada satu cara yang bisa dilakukan sebelum melahirkan, agar proses persalinan lancar dan tanpa sakit.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita khawatir akan melalui hal sulit ketika melahirkan. Proses panjang yang menyakitkan dan butuh waktu beberapa jam bisa dialami.

Tapi ternyata menurut dokter kandungan, Dr Michel Odent ada satu cara yang bisa dilakukan sebelum melahirkan, agar proses persalinan lancar dan tanpa sakit.

"Satu kuncinya, tidak berpikir sama sekali. Dan suami harus ambil bagian untuk menenangkan istrinya," kata Odent, seperti dimuat laman Dailymail, sabtu (4/7/2015).

Odent menuturkan, bagian otak manusia yang berpikir secara sadar atau disebut neokorteks berfungsi untuk menyelesaikan soal matematika, penggunaan bahasa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit. Nah, neokorteks ini berguna untuk kehidupan sehari-hari, namun dalam beberapa situasi seperti seks dan melahirkan, kita hanya perlu berhenti berpikir.

"Jika seorang wanita bisa mematikan aktivitas neokorteksnya, maka refleks janin dapat terjadi. Artinya, bayi akan keluar tanpa Anda merasakan apapun," katanya.

Dokter yang sebelumnya bekerja sebagai Kepala unit bedah dan bersalin di Rumah Sakit Pithiviers, Prancis ini menyarankan untuk melahirkan secara normal tanpa mengandalkan operasi caesar dan intervensi lainnya. Dia juga mendesak bidan untuk mendorong kelahiran alami dan menenangkan mereka sebelum melahirkan.

"Wanita menjadi semakin tergantung pada intervensi lain seperti penghilang rasa sakit, suntikan dan obat-obatan lainnya. Padahal, sudah menjadi kodrat wanita harus merasakannya. Ketika wanita kehilangan kemampuan untuk melahirkan normal, dia akan lebih sulit untuk menyusui," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.