Sukses

Ibu Angkat Angeline Psikopat? Ini Ciri-ciri yang Bisa Dilihat

Namun, Robert mengingatkan, jangan menggunakan gejala-gejala ini untuk mendiagnosa diri sendiri atau orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu angkat Angeline, Margriet Megawe telah menjalani tes kejiwaan. Psikiater bernama Lely Setyawaty yang ditunjuk langsung Polresta Denpasar menyebut, perempuan separuh baya itu adalah seorang psikopat.

Meski hasil tes kejiwaan menyebut Margriet adalah seorang psikopat, namun pihak kepolisian masih menjadikan Margriet sebagai saksi untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Lantas, apa saja gejala-gejala penting dari seorang psikopat? Berikut penjelasan yang disampaikan Robert D Hare, PhD lewat bukunya Tanpa Nurani: Dunia Psikopat yang Mengganggu di Antara Kita dikutip Health Liputan6.com pada Jumat (12/6/2015)

Emosinonal/hubungan antar pribadi

- Fasih dan dangkal
- Egonsentris dan menganggap diri hebat
- Kurangnya rasa penyesalan atau bersalah
- Kurangnya rasa empati
- Penuh tipu muslihat dan manipulatif
- Emosi yang Dangkal

Penyimpangan sosial

- Impulsif
- Tidak dapat mengendalikan tingkah laku
- Adanya kebutuhan untuk merasakan kesenangan
- Kurangnya rasa tanggung jawab
- Masalah perilaku pada masa kanak-kanak
- Perilaku antisosial pada masa dewasa

Pemaparan gejala di atas disebut Psychopathy Checklist. Alat klinis yang rumit untuk penggunaan profesional. Namun, Robert mengingatkan, jangan mudah menggunakan gejala-gejala ini untuk mendiagnosa diri sendiri atau orang lain.

Robert menjelaskan, suatu diagnosa membutuhkan pelatihan ketat, dan hak menggunakan pedoman penilaian formal. "Jika Anda menduga seseorang yang dikenal memenuhi gambaran ini, penting untuk membawanya ke yang lebih ahli. Carilah pertimbangan psikolog atau psikiater forensik yang terdaftar," kata Robert.

Menurutnya, berhati-hatilah dengan orang yang bukan psikopat tapi kemungkinan memiliki gejala yang sama. Banyak orang yang impulsif atau dingin, atau tidak berperasaan dan antisosial tapi bukan berarti mereka psikopat.

"Karena psikopati adalah sindrom atau sekumpulan gejala-gejala yang berkaitan," kata Robert menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini