Sukses

Pulang dari Korsel atau Arab Badan Panas Tinggi, Segera ke Dokter

Siapa saja yang tubuhnya mendadak panas usai pulang dar Korea Selatan atau Saudi Arabia dianjurkan segera kedokter.

Liputan6.com, Jakarta Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) tengah menghantui sejumlah masyarakat di Indonesia. Karena itu siapa saja yang tubuhnya mendadak panas usai pulang dar Korea Selatan atau Saudi Arabia dianjurkan segera ke dokter.

"Bila dalam 14 hari sesudah pulang badannya masih tetap panas, segera periksa ke dokter dan katakan kalau baru pulang dari Korsel atau Umrah. Agar pemeriksaannya lebih detail," kata Prof dr Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DCE di Gedung Balitbang Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jl. Percetakan Negara Nomor 29, Jakarta Pusat, Rabu (10/6/2015).

Bahkan, tak usah sungkan untuk menanyakan apakah terkena MERS-CoV atau tidak. "Seperti pasien-pasien saya yang to the point nanya langsung kena MERS-CoV atau tidak," kata dia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini mengatakan, angka kematian di Korea Selatan di bawah 10 persen lebih rendah dari Saudi Arabia yang mencapai 40 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini