Sukses

Selain Air Putih, 3 Minuman Ini Juga Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi air putih bisa membantu kita mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan dan bahkan bisa meningkatkan mood.

Tapi tanpa Anda sadari, ada minuman lain juga yang bermanfaat bagi kesehatan. Ahli diet dan fisiologi di New York City, Felicia Stoler, RD mengatakan air putih saja tidak cukup memberikan manfaat kesehatan untuk semua orang karena tidak ada antioksidan, fitonutrien, dan manfaat gizi spesifik. Oleh sebab itu, ada sejumlah minuman yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kesehatan.

Simak ulasannya, seperti dikutip Prevention, Kamis (4/6/2015):

1. Teh hijau

Beberapa penelitian membuktikan kalau minuman ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, misalnya menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, menstabilkan gula darah (penting untuk mengelola diabetes), dan bahkan menghancurkan sel-sel kanker.

Teh hijau juga diklaim dapat melindungi otak. Penelitian menunjukkan, senyawa dalam teh hijau dapat membantu memblokir pembentukan plak pada saraf sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Dalam satu studi yang baru-baru ini dipresentasikan pada Konferensi Internasional Alzheimer dan Penyakit Parkinson 2015, peneliti mengungkap, teh hijau bisa menjadi alternatif dalam mengurangi risiko penyakit mental pada orang di atas 60 tahun.

"Kami pikir manfaat kesehatan ini sebagian besar dikarenakan ada zat katekin dan antioksidan yang kuat pada teh hijau. Terlebih lagi, teh hijau cenderung mudah dicari dan dikonsumsi," kata Stoler.

2 dari 3 halaman

Air kelapa



2. Air kelapa

Penelitian menunjukkan, minuman elektrolit laami ini memiliki kemampuan luar biasa untuk mengisi cairan tubuh. Dalam penelitian yang diterbitkan dalamĀ Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan, air kelapa lebih baik daripada air putih biasa dalam mengganti elektrolit tubuh.

Minuman yang kaya natrium, kalium dan magnesium juga disebut para ahli gizi bisa memulihkan otot pasca olahraga. Namun hasilnya terlihat ketika air kelapa dikonsumsi tanpa gula.

3 dari 3 halaman

Susu

3. Susu

Meski banyak kontroversi yang menyebutkan susu tidak sehat, namun beberapa ahli gizi sepakat kalau susu termasuk minuman yang memberikan manfaat besar dalam pertumbuhan anak, penurunan berat badan dan pencegahan penyakit seperti kekurangan kalsium, kanker, dan penyakit lainnya.

Penelitian baru dari University of Kansas Medical Center menemukan, minum susu dapat meningkatkan kadar glutathione dalam otak sehingga membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

"Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan risiko Alzheimer dan penyakit Parkinson," kata Stoler.