Sukses

Jumlah Remaja Peminum Miras Meningkat Sejak 2007

Larangan peredaran minuman beralkohol resmi diberlakukan. Inilah alasan kita patut mendukungnya

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Fahira Idris memaparkan penjelasan kenapa larangan peredaran minuman beralkohol (minol) di minimarket patut didukung. Menurutnya, sejak 2007 jumlah remaja `peminum` mengalami peningkatan sebesar 18,5 persen.

Baca juga : Dampak Minuman Beralkohol Memang Tak Langsung, Tapi Mematikan

"Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada 2007 jumlah remaja pengonsumsi minuman beralkohol masih di angka 4,9 persen. Tapi pada 2014, berdasarkan hasil riset yang dilakukan GeNAM jumlahnya melonjak hingga angka 23 persen dari total jumlah remaja saat ini sekitar 63 juta jiwa atau sekitar 14,4 juta orang," kata Fahira kepada Health-Liputan6.com pada Kamis (16/4/2015)

Tanpa pengawasan ketat dari orang tua dan lingkungan sekitar, membuat para remaja begitu mudah mendapatkan minuman beralkohol di minimarket. Akibatnya, presentase peminum remaja pun cukup tinggi. "Selain itu, solidaritas dan ikatan pertemanan menjadi alasan remaja mau mencoba minuman beralkohol," tambahnya.

Fahira melanjutkan, remaja begitu mudah mendapat minuman beralkohol karena menjamurnya minimarket dan toko pengecer yang berdiri bebas di sekitar kita. Padahal, kata dia, sudah ada peraturan yang melarang hal tersebut.

Baca juga : Efek Membahayakan Minuman Beralkohol, dari Otak Hingga Lever

Larangan peredaran minuman beralkohol (minol) di minimarket resmi diberlakukan hari ini. Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang perubahan kedua atas Permendag Nomor 20/M-DAG/4/2014 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.