Sukses

Rahasia Agar Otak Tetap Encer di Usia Tua

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas fisik atau olahraga rutin sangat bermanfaat bagi kaum usia lanjut. Para peneliti dari Universitas Rush di Chicago, Amerika Serikat menyebutkan kebiasaan ini akan membantu para lansia mengontrol kemampuan geraknya meski rentan derita kerusakan otak.

Kerusakan di area kecil di otak para lansia terlihat saat tes MRI (magnetic resonance imaging). Bagian ini disebut hyperitensities putih yang menjadi dasar penelitian ini. Para ilmuwan menilai, tingginya derajat kerusakan ini dikaitkan dengan ketidakmampuan mereka bergerak, seperti misalnya berjalan.

Salah seorang penulis dan peneliti dari Rush University Medical Center di Chicago, Amerika, Debra A Fleischman yang memublikasikan penelitian ini dalam Jurnal American Academy of Neurology mengatakan, hasil temuan ini menggarisbawahi betapa pentingnya mendorong lansia agar lebih aktif seccara fisik demi mencegah masalah lanjutan dan meningkatkan kualitas kesehatan secara umum.

Rutin beraktivitas fisik, kata Debra seperti dikutip dari Zee News, Kamis (26/3/2015) merupakan cara mudah dan murah agar otak tetap tokcer meski usia sudah menua.