Sukses

Rasakan Manfaat Tidur Siang di Kantor

Sesibuk apa pun Anda di kantor, usahakan untuk tidur siang selama 45 menit karena dapat meningkatkan memori Anda lima kali lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta Jangan pernah mengabaikan rasa kantuk yang kerap menyergap Anda usai santap siang. Bila mata sudah terlalu berat untuk diangkat, tidur siang selama 45 menit dapat membantu Anda merasa segar kembali.

Peneliti dari Saarland University di Jerman, mengatakan bahwa tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan memori seseorang lima kali lebih besar. Sebab selama tidur siang, semburan aktivitas di otak yang dikenal dengan sleep spindles memainkan peran penting dalam melakukan konsolidasi informasi yang baru dipelajari.

Baca juga : Penelitian Buktikan Manfaat Tidur Siang

"Kinerja otak peserta yang tidur siang selama 45 menit sama baiknya seperti sebelum tidur, yaitu masih mengingat materi yang dipelajarinya," kata Profesor Axel Mecklinger seperti dikutip Daily Mail pada Senin (23/3/2015)

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/810499/small/084441800_1423801404-dreamstime_sleepy2.jpg

Menurutnya, tidur siang dalam waktu yang singkat selama di kantor atau di sekolah meningkatkan keberhasilan seseorang menyerap informasi secara signifikan. "Di mana pun berada, harus mulai berpikir cukup serius tentang efek tidur siang," kata Alex menambahkan.

Sebelumnya, para peneliti juga menemukan, tidur siang selama 30 menit dapat menghilangkan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Endocrine Society's Journal of Clinical Endcrinology & Metabolism menyebut langkah ini sebaiknya dilakukan untuk yang kurang tidur. 

"Berdasarkan data yang kami miliki, disarankan tidur siang selama 30 menit untuk memulihkan kembali hormon yang menurun akibat tidur yang kurang semalam," terang peneliti dari Université Paris Descartes-Sorbonne Paris Cité, dr Brice Faraut.

Baca juga : Batita Perlu Tidur Siang atau Tidak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini