Sukses

Aksesori Smartphone Bisa Diagnosis HIV dalam 15 Menit

Liputan6.com, New Delhi Kecanggihan teknologi kini makin tak terbendung termasuk dalam dunia medis. Baru-baru saja, peneliti dari Columbia University mengembangkan sebuah alat portabel disebut juga dongle untuk mendiagnosis HIV dan sifilis dalam 15 menit lewat tetesan darah. Kerennya, alat portabel ini bisa dicolokkan ke smartphone atau tablet. Alat ini bisa terkoneksi dengan smartphone melalui audio jack. 

Penemuan aksesori ini diyakini bisa memberikan dampak besar bagi negara yang tidak memiliki banyak peralatan di laboratorium. "Tes ini cocok digunakan bagi mereka yang terbiasa menggunakan smartphone," terang pemimpin penelitian, Samuel Sia seperti dilansir Hindustantimes pada Senin (9/2/2015).

Belum lama ini, dongle ini diujicobakan petugas kesehatan di Rwanda terhadap 96 persen pasien. Sebagian besar pasien (97 persen) mengatakan mereka akan merekomendasikan peralatan ini karena waktu penggunaan yang cepat, kemampuan membaca hasil terhadap beberapa penyakit dan kesederhanaan prosedur.

"Dengan meningkatkan deteksi infeksi sifilis, kita bisa mengurangi angka kematian 10 kali lipat. Selain itu, bisa meningktakan tes HIV di tingkat masyarakat yang berdampak eliminasi penyebaran penyakit ini," terang penulis studi dalam jurnal Science Translational Medicine.

  • HIV atau Human Immunodeficiency Virus menyerang sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi.
    HIV
  • Sifilis merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Disebabkan infeksi Treponema pallidum
    sifilis