Sukses

6 Tips Olahraga Lari Saat hujan

Inilah tips olahraga lari saat hujan yang perlu Anda lakukan agar tetap aman!

Liputan6.com, Jakarta Meskipun musim hujan masih tetap melanda sebagian besar wilayah Indonesia, tetapi bagi Anda yang mencintai olahraga lari, aktivitas tersebut tetap harus dilakukan. Lantas, bagaimana tips olahraga lari di saat hujan?

"Anda tidak perlu takut dengan berlari di tengah hujan. Anda cukup mempersiapkan berbagai perlengkapan saja," Ucap Scott Jurek, salah satu pelari profesional seperti yang dilansir dari laman WomensHealthMag, Selasa (3/2/2015).

Sang pemegang rekor di Badwater Ultramarathon ini telah menghabiskan 11 tahun dalam hidupnya untuk berlatih di pelatihan cuaca hujan di Seattle. Jurek mengatakan bahwa hantaman dan hambatan saat hujan membuat seorang atlet lebih kuat.

Untuk mendapatkan kekuatan tersebut, inilah tips olahraga lari saat hujan yang perlu Anda lakukan agar tetap aman dan terbebas dari penyakit:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Olahraga Lari Saat Hujan 1-3

1. Warna Pakaian Lebih Cerah

Pada umumnya, memang baju berwaran lebih gelap dipilih sebagai penunjang penampilan saat berolahraga. Namun, memilih baju dengan warna yang lebih terang seperti kuning, pink, oranye, atau hijau akan lebih memudahkan Anda terlihat di saat hujan lebih.

Kemudahan terlihat ini akan berbuah pada kemungkinan kendaraan lain mengerem yang lebih cepat. Sebab, saat hujan jalanan menjadi lebih licin dan sulit untuk mengerem kendaraan.

2. Bahan Pakaian

Menggunakan celana pendek sebenarnya cukup baik untuk mencegah gesekan yang lebih buruk abisan tubuh yang basah. Menurut Jurek, menggunakan bahan tahan air sangat berguna terutama untuk bagian atas untuk tetap menjaga kehangatan tubuh.

Meskipun tidak benar-benar membuat tubuh kering, tetapi hal ini juga bisa membantu mengurangi risiko hipotermia.

3. Barang Elektronik

Memang berlari sambil mendengarkan lagu sungguh menyenangkan, namun tidakkah Anda berpikir bagaimana nasib barang elektronik Anda tersebut? Jika memang tak bisa terlepas, pastikan Anda memasukkan barang elektronik ke dalam wadah yang tahan air.

3 dari 3 halaman

Tips Olahraga Lari Saat Hujan 4-6

4. Periksa Sepatu

Gunakan sepatu dengan bawahan yang memiliki cukup lekukan, sekiranya lebih dari 1 mm. Hal ini akan memungkinkan Anda berlari lebih baik tanpa harus khawatir bisa tergelincir. Jika ingin kaki terjaga agar tetap hangat dan kering, gunakan kaus kaki dan tentunya sepatu yang kedap air.

5. Ubah Paradigma

Berlari di kala hujan bukan berguna untuk melatih ketahanan tubuh di saat musim hujan. Jika ingin melatih kecepatan, lebih baik Anda tetap berolahraga lari menggunakan treadmill.

6. Gunakan Treadmill Saat...

Jika petir menyambar, sangat berangin, atau ingin berlari dengan kecepatan tinggi, sebaiknya gunakan treadmill dibanding berlari di tengah hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini