Sukses

6 Bahan Alami untuk Obati Gusi Bengkak

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda redakan gusi bengkak.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyakit mulut adalah gusi bengkak. Saat gusi bengkak, tidak ada hal lain yang dirasakan selain sakit dan rasa tidak nyaman.

Penyebab utama dari gusi bengkak adalah kebersihan mulut yang tidak dijaga. Setelah makan misalnya, akan ada sisa makanan yang akan meningkatkan risiko gusi bengkak jika tidak segera dibersihkan.

Selain kesehatan mulut, makanan tidak sehat, penggunaan kawat gigi, kehamilan serta kurangnya asupan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi bengkak.

Untuk mengobati gusi bengkak ini, Anda bisa saja menggunakan bahan-bahan yang ada di pasaran yang berisiko memiliki efek samping. Maka, ada baiknya menggunakan bahan-bahan alami untuk obati gusi bengkak.

Melansir searchhomeremedy.com pada Kamis (29/1/2015), berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak Cengkeh dan Air Garam

1. Minyak cengkeh

Cengkeh telah dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengobati gusi bengkak. Caranya, Anda tinggal mengoleskan minyak cengkeh yang asli pada bagian gusi yang sakit. Lakukan minimal 2 kali sehari.

2. Jeruk nipis

Cara kedua obati gusi bengkak adalah menggunakan jeruk nipis. Cara menggunakannya, peras jeruk nipis dan tambahkan pada satu gelas air hangat. Kumur-kumur melalui campuran ramuan tersebut saat malam dan pagi hari.

3. Air garam

Cara ini adalah cara yang paling dikenal oleh masyarakat. Anda tinggal mencamurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan untuk berkumur.

3 dari 3 halaman

Bawang Putih dan Pijit Jari

4. Bawang putih

Bawang putih juga dapat obati gusi bengkak. Caranya, ambil satu siung bawang putih lalu hancurkan. Kemudian, campurkan bawang dengan garam lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

5. Madu

Madu memang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mengobati gusi bengkak. Caranya, Anda tinggal mengoleskan madu pada bagian gusi yang bengkak sebanyak 3 kali sehari.

6. Pijitan jari

Selain menggunakan bahan-bahan alami, memijit menggunakan jari tangan juga dapat menjadi cara alternatif redakan gusi bengkak. Caranya, pijat gusi bengkak dengan gerakan melingkar dan berulang-ulang. Ingat, pastikan tangan Anda bersih, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.