Sukses

Cukup Minum Bikin Anak Cerdas

Anak yang minum cukup air, kemampuan otaknya lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurang air pada anak sekolah dapat menimbulkan rasa lelah (fatigue), menurunkan atensi atau konsentrasi belajar. Sebaliknya, anak yang minum cukup air, kemampuan otaknya lebih baik.

Seperti disampaikan ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah bahwa konsumsi air putih pada anak sangatlah penting untuk pertumbuhannya. Bonusnya, kemampuan berpikir anak juga lebih baik.

"Anak yang rajin minum, moodnya cenderung stabil dan lebih konsentrasi saat belajar," kata Hardinsyah di sela-sela talkshow kesehatan di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute of Medicine dan European Food Safety Agency, anak yang mengalami kurang air tubuh 2 persen dari berat badan mengakibatkan penurunan fungsi otak dan kemampuan belajar. Bahkan review penelitian yang dilakukan Lieberman menunjukkan bahwa kurang air tubuh pada tingkat 1 persen dari berat badan sudah mulai menunjukkan penurunan atensi atau konsentrasi belajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.