Sukses

Antisipasi Banjir, Dinkes DKI Siapkan 124 Posko Kesehatan

Mengantisipasi banjir yang diprediksi akan melanda ibukota, Dinkes DKI Jakarta telah menyiapkan sekitar 124 posko kesehata

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi banjir yang diprediksi akan melanda ibukota, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengaku telah menyiapkan sekitar 124 posko kesehatan di titik-titik rawan banjir.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, Maria Margareta bahwa saat ini Dinkes telah menyiapkan segala sesuatu
untuk mengantisipasi banjir yang diprediksi  Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) akan terjadi pada akhir Januari 2015.

"Sejauh ini kami telah menyiapkan 124 posko di titik banjir, kemudian kesiapan koordinasi dengan pusat termasuk puskesmas yang akan
berkoordinasi dengan Suku DInas Kesehatan (Sudinkes)," kata Maria saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan, Selasa (6/1/2015).

Kepala Seksi Gawat Darurat dan Bencana Dinkes DKI Jakarta, Indra Setiawan menambahkan, titik rawan banjir setidaknya terdapat di:

- 5 Kecamatan Jakarta Pusat
- 5 Kecamatan di Jakarta Utara
- 8 Kecamatan di Jakarta Barat
- 9 Kecamatan di Jakarta Timur
- 9 Kecamatan di Jakarta Selatan

"Tidak semua wilayah di kecamatan itu terendam, karena hanya ada beberapa kelurahan saja yang dilewati sungai itu yang rentan banjir.
Kalau dari Timur itu sungai Ciliwung, dan dari Selatan Kali Krukut," ungkapnya.

Di sisi lain, kesiapsiagaan obat dan petugas kesehatan juga terus diupayakan mengingat air yang meluap di Jakarta cukup parah pada akhir 2013 dan awal 2014 silam.

"Kami harap masyarakat dapat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit seperti ISPA (Infeksi Saluran Napas), diare dan gatal-gatal," tukas Maria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.