Sukses

Tips Turunkan Berat Badan dengan Teh Hijau

Tak banyak yang tahu kalau teh hijau juga membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari Anda mungkin yang sudah mengetahui kalau teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin gallate alias antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan baik bagi kesehatan. Tapi, tak banyak yang tahu kalau minuman ini juga membantu menurunkan berat badan.

Ahli gizi Kesehatan Wanita Keri Glassman menuturkan, manfaat teh hijau dalam membantu meluruhkan lemak dalam tubuh itu tidak boleh ditambahkan rasa. Sebab gula juga mengandung kalori. Itulah sebabnya banyak orang Jepang yang menyukai minum ocha (teh hijau) setelah makan dan tubuh mereka tetap langsing.

Berikut beberapa tips dari Glassman dalam mengonsumsi teh hijau untuk membantu diet Anda, seperti dikutip Womenshealth, Senin (5/1/2015):

1. Tanpa rasa

Jangan tambahkan gula sebagai pemanis teh hijau. Karena manfaat teh hijau bisa dirasakan tanpa rasa.

2. Cari yang berbahan alami

Selain masalah rasa, lanjut Glassman, merek teh hijau juga sangat penting. Pilihlah teh hijau yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung pengawet buatan.

3. Sajikan panas

Glassman menjelaskan, manfaat penurunan berat badan paling maksimal adalah ketika teh hijau disajikan panas. "Tuangkan air di atas kantung teh tepat sebelum mendidih. Kemudian, biarkan teh selama sekitar 2-4 menit sebelum diminum," kata Glassman.

4. Jangan biarkan sampai enam bulan

"Yang segar lebih baik," kata Glassman.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau alami, pastikan untuk  meminumnya dalam waktu enam bulan. Jika tidak, teh akan kehilangan sebagian antioksidan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.