Sukses

Katanya Kena Osteoporosis Tapi Kok Nggak Terasa

Saya wanita dengan 2 anak usia saya 38 tahun dan pernah melakukan pemeriksaan tulang. Hasilnya mendekati osteporosis.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Saya wanita dengan 2 anak usia saya 38 tahun dan pernah melakukan pemeriksaan tulang. Hasilnya mendekati osteporosis. Tapi saya tidak merasakan keluhan apa pun dan merasa sehat-sehat saja. Kalau benar saya rawan kena osteoporosis, itu bisa terjadi waktu usia saya berapa tahun? Bisakah dicegah dengan hanya dengan minum susu karena saya jarang berolahraga? Tolong dijawab ya dok, saya takut ketika tua menjadi bongkok karena osteoporosis.

Lia (38 tahun)

rilia.sari@*****

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jawaban

Ibu Lia,

Osteoporosis atau keropos tulang tidak mempunyai gejala. Biasanya risiko ini meningkat setelah usia menopause atau Anda mempunyai riwayat pengangkatan indung telur di usia muda.

Bila belum menopause dan tidak ada masalah hormon, asupan kalsium sangat penting untuk mencegah keropos di kemudian hari. Namun bila sudah masuk dalam batas keropos, diperlukan bantuan obat untuk mencegah penurunan masa tulang lebih lanjut.

Apakah pemeriksaan tulang yang ibu maksud adalah BMD (bone mass density) atau pengukuran kepadatan tulang? Dari hasil BMD dapat ditentukan tatalaksana yang diperlukan untuk ibu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini