Sukses

Obati Asam Urat, Gunakan 5 Obat Herbal Ini

Apa saja obat herbal yang bisa mengobati asam urat?

Liputan6.com, Jakarta Penyakit asam urat biasanya menyerang mereka yang telah berusia lanjut. Asam urat biasanya ditandai dengan nyeri sendi, rematik dan sakit pinggang. Asalnya memang tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan, asam urat akan berbahaya bagi tubuh.

Berikut obat herbal yang dapat mengobati asam urat seperti dilansir dari Top 10 Home Remedies, Kamis (9/10/2014):

1. Cuka Sari Apel

Keasaman dari cuka sari apel dapat mengurangi rasa sakit saat asam urat. Cara menggunakannya adalah campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air. Dosis yang dianjurkan adalah 2 sampai 3 kali sehari.

2. Jahe dan Kunyit

Jahe memang banyak sekali kegunaannya, termasuk mengobati asam urat. Cara menggunakannya, campurkan bubuk jahe kering dan bubuk kunyit sebanyak satu sendok teh dengan air hangat. Minum sebanyak dua kali sehari.

3. Baking Soda

Baking soda dapat membantuk menurunkan jumlah asam urat sehingga meredakan rasa sakit. Anda tinggal mencampurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air lalu minum larutan itu 4 kali sehari. Tetapi, jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, dosis yang disarankan tidak boleh lebih dari 3 kali sehari.

4. Lemon Jus

Lemon jus berguna untuk menetralisir kelebihan asam urat dalam aliran darah. Lemon jus juga dapat dicampurkan dengan baking soda. Caranya, campurkan jus lemon dengan satu setengah sendok teh baking soda Tunggu hingga buih soda menghilang lalu segera diminum.

5. Arang Aktif

Arang aktif dapat menyerap asam urat. Cara menggunakannya adalah campurkan setengah cangkir bubuk arang dengan air dalam bak mandi. Rendam bagian tubuh anda yang sakit setidaknya setengah jam, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain ke-5 obat herbal tersebut, cara untuk mengobati asam urat adalah dengan makan banyak buah, seperti pisang, apel dan ceri setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.