Sukses

Foto Korban Ebola Palsu Beredar

Sebuah foto menyeramkan yang diunggah beberapa waktu lalu ke media sosial sempat membuat heboh dunia

Liputan6.com, Jakarta Sebuah foto menyeramkan yang diunggah beberapa waktu lalu ke media sosial sempat membuat heboh dunia. Pasalnya, foto tersebut menggambarkan korban ebola secara nyata yang terlihat seperti zombie.

Mengutip laman Mirror, Rabu (8/10/2014) foto salah seorang warga kulit hitam dengan bekas luka di wajahnya tersebut ternyata editan dari film World War Z yang  menceritakan adanya penyebaran virus yang mengerikan dan seolah-olah itu korban ebola yang bangkit dari kematian.

ABCnews melaporkan, foto palsu ini menyebar diduga karena belum lama ini ada insiden 'zombie' ebola. Ketika itu, petugas kesehatan mengira pasien ebola yang ditemukan di jalan telah meninggal, tapi ternyata korban masih hidup.

Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, setidaknya telah terdapat 3.400 orang tewas dalam wabah ebola. Sebagian besar kasus terjadi di Afrika Barat dan memakan 7.200 korban. Ebola menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh dari seseorang yang memiliki virus. Apabila terkena ebola, korban akan mengalami perdarahan, demam tinggi, kerusakan sistem saraf pusat hingga kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

Video Terkini