Sukses

Kemangi, Lalapan Segar dengan 3 Kandungan Hebat

Jangan sepelekan kemangi. Daun hijau dengan aroma khas ini mengandung vitamin penting untuk tubuh. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Makan pecel lele, pecel ayam atau penyetan ala Yogya rasanya tak pas jika tak ditemani kemangi sebagai lalapan. Tak hanya menyegarkan, daun hijau dengan aroma khas ini punya banyak kandungan yang penting untuk tubuh.

Seperti dilansir dari Live Strong, Senin (8/9/2014), ini kandungan kemangi yang disantap segar.

1. Vitamin A

Tak hanya wortel yang kaya Vitamin A, seperempat cangkir kemangi berkontribusi 24% terhadap asupan harian wanita dan 19% pria.

2. Vitamin K

Vitamin ini berfungsi untuk mengaktifkan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan sehat pada tulang rawan Anda. Selain itu mencegah pendarahan internal serta mencegah memar. Satu cangkir kemangi, memenuhi sepertiga asupan harian pria dan separuh asupan harian perempuan.

3. Lutein untuk cegah kerusakan mata

Lutein dan zeaxanthin, mungkin Anda tak familiar dengan istilah ini. Namun, kedua hal ini terkandung dalam kemangi segar yang mencegah keruskan mata akibat paparan sinar berbahaya.

Namun, ada baiknya untuk memerhatikan kebersihan daun kemangi yang dikonsumsi. Jangan lupa cuci bersih sebelum dimakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.