Sukses

Mengapa Orang Bisa Pingsan?

Liputan6.com, Jakarta Menemukan orang yang tiba-tiba pingsan di pinggir jalan kerap membuat kita kebingungan. Selain tidak mengenal orang yang pingsan itu, kita pun tidak mengetahui apa yang membuatnya pingsan sehingga bingung tindakan apa yang harus dilakukan.

Pingsan dapat terjadi bila otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Individu yang tiba-tiba mengalami muntah-muntah diikuti dengan rasa pusing, tidak jarang yang akhirnya pingsan.

Akan tetapi, wanita hamil, orang tua, dan orang yang memiliki kondisi jantung tidak sehat, serta anemia, merupakan segelintir orang yang berpotensi mengalami pingsan bila sudah kelelahan.

Di bawah ini sedikit fakta tentang pingsan yang harus diketahui, seperti dikutip dari Health Me Up, Sabtu (6/9/2014)

2 dari 3 halaman

Penyebab



Penyebab

Pingsang dapat disebabkan oleh dua faktor, karena faktor medis atau faktor emosional.

Medis biasanya meliputi;

1. Kelelahan
2. Kelaparan
3. Nyeri
4. Panas
5. Dehidrasi
6. Masalah jantung
7. Kelebihan alkohol

Sedangkan faktor emosional, meliputi;

1. Stres
2. Syok
3. Takut
4. Semangat

3 dari 3 halaman

Pencegahan



Pencegahan

1. Tetap terhidrasi

Meski kondisi ini tidak dapat dihindari, tapi kita dapat mencegahnya dengan cara mengikuti langkah-langkah sederhana.

Terpenting, kita harus tetap terhidrasi dan menjaga gula darah, dan kadar garam jangan sampai meninggi. Jika mulai terasa pusing, minumlah jus dan makan beberapa biskuit asin. Atau makanlah buat dengan beberapa makanan ringan yang terasa asin.

2. Suhu dingin

Cuaca yang terlalu panas membuat kita dehidrasi, dan berisiko pingsan. Jika kita adalah individu yang rentan pingsan bila terkena panas, maka kenakalah topi, dan simpan selalu botol berisikan air yang dapat diminum suatu waktu.

Hindari sejumlah tempat yang penuh dan sesak, di mana individu tidak akan mendapatkan udara yang cukup untuk bernapas.

3. Berbaring

Jika mulai merasa lelah dan terasa akan pingsan, usahakan berdiri dalam posisi di mana darah harus melawan gravitasi untuk mencapai otak, karena kemungkinan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

Carilah permukaan datar dan berbaringlah selama 15 menit, sampai rasa pusing itu pergi. Ketika akan terbangun, bangunlah secara perlahan karena bangun terlalu cepat akan berdampak pada darah meninggalkan otak.

Loading