Sukses

7 Masalah Kecantikan Selain Jerawat Punggung

Jerawat di punggung alias bacne menjadi salah satu masalah kecantikan yang umum terjadi. Ini tak hanya dialami kaum perempuan, pria juga.

Liputan6.com, Sydney Jerawat di punggung alias bacne (back acne) menjadi salah satu masalah kecantikan yang umum terjadi. Ini tak hanya dialami kaum perempuan, pria pun mengalaminya.

Selain bacne, ada beberapa masalah kecantikan lainnya yang sering ditemukan seperti dilansir Body and Soul, Selasa (8/4/2014):

1. Ketombe

Ketombe menjadi masalah kecantikan yang umum terjadi. "Dalam kebanyakan kasus, ini disebabkan terlalu aktifnya jamur pada kulit kepala," kata Dermatolog Dr Marta Rendon.

Ketombe terkadang menjadi parah apabila tak diobati, bisa berkembang biak sehingga gejala menjadi sering dan parah. Apabila ketombe disebabkan stres atau cemas, cobalah latihan relaksasi dan gunakan sampo antiketombe beserta kondisioner.

2. Bacne

Apa yang menyebabkan jerawat di punggung yang tak sedap dipandang?

"Noda memerah di bokong dan punggung disebabkan keringat dan bakteri yang menyumbat pori-pori," kata Dee Davies dari The Clinic Skin Clean.

Jagalah agar lokasi tersebut bersih dan gunakan pembersih berbahan glikolat untuk merangsang pergantian sel serta terapkan obat untuk membantu penyembuhan dan mencegah lebih banyak jerawat. Scrub bergranula hanya memperburuk masalah.

Untuk mencegah jerawat, kenakan pakaian berbahan serat alami yang bisa menghindari keringat dan gantilah seprai seminggu sekali karena itu sarang bakteri. Tak hanya itu, periksalah sampo Anda. "Kulit yang sehat memiliki pH 5,5," kata Terapis Kecantikan Liza Curwen-Begg.

"Apabila pH sampo Anda begitu kuat, bisa menciptakan lingkungan untuk jerawat," katanya.

Situs Wikihow menjelaskan, kondisioner dari rambut juga bisa menjadi penyebab potensial bacne. Karena itu, pastikan Anda membilasnya dengan benar.

Kondisioner memang sangat bagus untuk rambut, tapi ada beberapa cara agar kondisioner tak menyerang punggung dan menyebabkan jerawat kecil.

3. Rambut ingrown tumbuh di garis bikini

"Rambut yang tumbuh ke dalam disebabkan hair removal" kata Davies.

"Rambut menjadi lemah dan tak bisa naik ke folikel. Lakukan eksfoliasi harian yang memungkinkan rambut lebih mudah melalui folikel."

4. Cold sores (sariawan)

Tanda awal biasa kesemutan, konsumsi Vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan gunakan obat seperti yang diarahkan. Tanyakan terapis kecantikan tentang perawatan frekuensi tinggi, di mana elektroda memberikan arus termal yang memanaskan jaringan dan membantu penyembuhan.

Hindari lipstik jika Anda memiliki luka terbuka karena akan menarik perhatian.

5. Keringat berlebihan

Dr Peter Bakaric dari Collagen Face Centre mengatakan, penyebab ini bervariasi. "Itu bisa apa saja dari sistem saraf yang terlalu aktif, di mana kelenjar selalu diransang dengan predisposisi genetik. Lainnya merasa terjadi dengan aktivitas fisik," kata Dr Bakaric.

Ada beberapa yang tetap berkeringat tanpa terpengaruh suhu di luar. Ini bisa sangat parah, bahkan di musim dingin.

Di masa lalu, satu-satunya solusi adalah dengan pembedahan yang mengangkat kelenjar keringat atau memotong pasokan saraf. Kedua pilihan tersebut berpotensi komplikasi yang signifikan.

"Sekarang kita bisa menggunakan suntik menyantaikan otot," kata Dr Bakaric.

"Mereka memblokir pelepasan neurotransmitter ke saraf dan kelenjar keringat, yang memberikan sinyal berkeringat. Para peneliti sedang menguji relaksan otot topikal, yang menunjukkan hasil yang menjanjikan. Namun hal ini tidak mungkin akan tersedia selama bertahun-tahun," katanya.

6. Dagu dan puting berambut

Jika hanya ada beberapa rambut di sini bisa dicabut dengan pinset. Untuk pertumbuhan yang banyak, Anda bisa mempertimbangkan laser hair removal. Energi laser melewati kulit ke folikel rambut, di mana ia diserap . Energi diubah menjadi panas , yang kemudian menonaktifkan folikel rambut .

7. Kaki berjamur

Jika kuku Anda putih kuning cokelat, bisa jadi karena jamur. Ini bisa terjadi karena jalan bertelanjang kaki di tempat umum yang basah seperti gym, kolam renang, atau sauna.

Untuk menghindarinya gunakan sandal jepit. Ini juga bisa diterjadi di salon kecantikan ketika alat pedikur tak disterilkan dengan benar.

Jamur menyebabkan kuku menebal, kuning, dan pecah-pecah. Ini bisa terpisah dari alas kuku. Potonglah kuku Anda dalam waktu dekat dan gunakan obat antijamur setiap hari.

Keringkan kaki dengan benar setelah setiap mandi dan gunakan bedah kaki antiperspirant di sepatu Anda untuk menjaganya tetap kering. Jika masalah terus berlanjut, temui seorang ahli penyakit kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.