Sukses

Tips-Tips Tawaf dan Sai untuk Jemaah Haji

Kegiatan Tawaf dan sai merupakan dua hal yang menjadi wajib haji dalam menunaikan haji maupun umrah. Berikut Tips saat melaksanakan Tawaf dan Sai.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim haji, para calon Jemaah melakukan kegiatan-kegiatan yang diwajibkan maupun disunnahkan. Seperti kegiatan Tawaf dan sai merupakan dua hal yang menjadi wajib haji dalam rangkaian ibadah tersebut.

Thawaf merupakan ibadah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Di mana tiga putaran pertama , jika memungkinkan dengan lari- lari kecil (raml), dan putaran selanjutnya berjalan biasa.

Thawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad (tempat batu hitam) dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri. Selain Hajar Aswad sebagai tanda awal dan akhir thawaf, jamaah umroh dan haji juga bisa melihat di lantai ada gairs hijau yang lurus ke arah dinding Masjidil Haram.

Sedangkan Ibadah Sa'i merupakan salah satu rukun umrah yang dilakukan dengan berjalan kaki (berlari-lari kecil) bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya.

Kedua bukit yang satu sama lainnya berjarak sekitar 405 meter. Ketika melintasi Bathnul Waadi yaitu kawasan yang terletak di antara bukit Shafa dan bukit Marwah (saat ini ditandai dengan lampu neon berwarna hijau) para jama'ah haji pria disunahkan untuk berlari-lari kecil sedangkan untuk jama'ah wanita berjalan cepat.

Ibadah Sa'i boleh dilakukan dalam keadaan tidak berwudhu dan oleh wanita yang datang Haid atau Nifas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Melakukan Ibadah Haji

Setelah mengetahui masing-masing pengertian. Untuk para calon Jemaah haji dan umrah dapat melakukan tips-tips selama melakukan thawaf dan sai, sebagai berikut :

1. Hafalkan doa-doa singkat, janganlah disibukkan dengan catatat/ buku panduan. Berangkatlah bersama rombongan setelah makan. Dan buatlahkelompok kecil.

2. Pahami karakter lapangan yang cenderung sesak dan berkerumun dan rancang startegi untuk melewatinya. Jangan menabrak kerumunan yang sesak dan padat, lebih baik mengambil sisi yang agak menjauh dari Ka’bah, apabila kondisi sangat padat

3. Hindari waktu padat atau lakukan tawaf di lantai dua.

 

Reporter : Desti Gusrina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.