Sukses

Doa Saat Memasuki Kota Makkah dan Melihat Kakbah

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sekitar 1.300 calon haji Indonesia yang sebelumnya berada di Madinah, Arab Saudi kini telah diberangkatkan secara perdana ke Makkah pada Minggu, 14 Juli 2019 waktu setempat.

Pergerakan jemaah calon haji dari Madinah ke Makkah ditentukan berdasarkan masa tinggal mereka setelah melakukan salat Arbain.

Seperti yang telah diketahui, Kota Makkah merupakan kota kelahiran Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat utama dilaksanakannya ibadah Haji dan Umrah.

Dilansir dari buku Sejarah Haji & Manasik karya Halimi Zuhdy, sebelum berada di Kota Makkah , jemaah calon haji yang hendak memasuki kota suci ini sebaiknya membaca doa ketika memasuki kota Makkah.

Doa memasuki kota Makkah yaitu:

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَآئِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ.

Allahumma haadza haramuka wa amnuka faharrimlahmi wadamii wabasyarii ‘alannar, wa aminnii min ‘adzabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaa ika wa ahli thoo’atik.

"Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan aulia-Mu dan ahli ta’at pada-Mu."

 

2 dari 3 halaman

Doa Saat Lihat Kakbah

Saat setelah sampai di Makkah, biasanya jemaah calon haji langsung mendatangi Masjidil Haram untuk melaksanakan salat berjamaah. Ada pula doa yang dianjurkan pada buku yang sama saat melihat Baitullah atau Kakbah yaitu:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ واللُه أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ وَدَارُكَ دَارُ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ الَّلهُمَّ إِنَّ هَذَا بَيْتُكَ عَظَّمْتَهُ وَكَرَّمْتَهُ وَشَرَّفْتَهُ اللَّهُمَ فَزِدْهُ تَعْظِيمًا وَزِدْهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَزِدْهُ مَهَابَةً وَزِدْ مَنْ حَجَّهُ بِرًّا وَكَرَامَةً اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَأَدْخِلْنِي جَنَّتَكَ وَأَعِذْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Laa ilaha illallaha, allahu akbar, allahuma antas salam wa minkas salam wa darukas salam, tabaarakta ya dzal jalali wal ikram, allahuma inna hadza baituka ‘adzdzamtahu wa karamtahu wa syarriftahuK allahuma fazidhu ta’dziman wa zidhu tasyrifan wa takriman wa zidhu mahabatan wa zid man hajjahu birran wa karamatan, allahumaftah li abwaba rahmatik wa adkhilni jannataka wa a’idzni minasy syaithanirrajim

"Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, Engkalah keselamatan, dari-Mu keselamatan dan rumah-Mu adalah rumah penuh keselamatan. Maha Suci Engkau, Wahai Dzat Pemilik Keagungan dan kemuliaan. Ya Allah sesungguhnya ini adlah rumah-Mu yang telah Engkau anugerahi keagungan, kemuliaan dan kehormatan. Ya Allah maka dari itu tambahkanlah keagungannya, tambahkan kemulian dan kehomatannya, tambahkan wibawanya dan tambahkan kebaikan dan kehormatan bagi orang yang pergi menuju ke sana. Ya Allah. bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu dan masukkanlah aku ke dalam surga-Mu serta lindungilah aku dari godaan setan yang terkutuk."

 

Reporter: Nabila Bilqis

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Indeks Kepuasan Haji 2019 Naik, Menag Ucap Syukur
Artikel Selanjutnya
Indonesia Percepat Pengajuan Slot Time Penerbangan Haji 2020