Sukses

Geliat Kota Tua Jeddah Saat Perayaan Hari Nasional Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Pada musim haji tahun ini, pemerintah Arab Saudi menghidupkan kembali kawasan Kota Tua Jeddah yang berada di Al Balad. Kawasan ini dihias secantik mungkin dengan lampu dan ornamen khas Arab.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perayaan menyambut Hari Nasional Arab Saudi ke-88, yang jatuh pada 23 September 2018.

Uniknya, perayaan ini digelar oleh generasi muda Saudi. Para pemuda itu bergabung dengan organisasi waralaba milik Pangeran Mohammed bin Salman, MiSK.

Senior Project MisK Abdullah Alkhayal mengatakan, MiSK menginisiasi perayaan Hari Kemerdekaan Saudi ke-88 di Kota Tua Jeddah. Kawasan ini dipilih karena terkait erat dengan sejarah penyatuan kerajaan oleh Raja Abdulaziz, yang terwujud dalam monumen gerbang kota.

Banyak keluarga berkunjung, menggeliatkan malam di Kota Tua Jeddah. Di area khusus, anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain bersama.

"Karena itu mengapa kami memilih lokasi ini. Kami punya banyak aktivitas, digambarkan dalam replika situasi 88 tahun lalu, dan kami punya malam perhelatan seni dengan menyediakan studio bagi seniman menunjukkan karyanya, dan gratis," ujar Abdullah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembentukan Kerajaan Saudi

Menurut Abdullah, acara ini sudah ketiga kalinya digelar, dan Kota Tua adalah yang menandai pembentukan Kerajaan Arab Saudi.

"Tujuan acara ini menggarisbawahi pentingnya kota bersejarah ini ketika Raja Abdulaziz memimpin kerajaan berawal dari gerbang kota ini, dan juga menekankan Kota Tua Jeddah adalah warisan budaya yang terdaftar di UNESCO," kata dia.

Antusiasme perayaan Hari Nasional ini juga dirasakan jemaah haji Indonesia di Madinah. Menjelang kepulangan menuju Tanah Air melalui Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdulaziz, pada Sabtu, 22 September 2018, jemaah haji Indonesia dilepas dengan sangat meriah.

Rombongan jemaah kloter SUB 78 dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada Raja Salman bin Abdulaziz, Pangeran Mohammed bin Salman, serta warga Saudi. Mereka juga turut mendoakan keamanan dan kemajuan bagi Arab Saudi.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.