Sukses

Murid SD di Malaysia Dihukum Makan Rumput

Guru itu juga dikabarkan menyuruh kedua murid itu mengenakan sabuk.

Seorang guru di Malaysia memberikan hukuman yang tak lazim kepada muridnya. Guru bahasa Inggris di sebuah sekolah dasar (SD) Kota Sungkai, Negara Bagian Perak, Malaysia, itu menghukum 2 muridnya yang tak menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) untuk memakan rumput.

Tak hanya itu, seperti dimuat The Star, Senin (27/1/2014), guru itu juga dikabarkan menyuruh kedua murid itu mengenakan sabuk. Setelah menghukum, sang guru menyebut 2 pelajar itu seperti sapi.

Salah satu orangtua murid tak terima dengan perlakuan guru terhadap anaknya, dan melaporkan hal ini ke pihak berwenang. Orangtua mengecam tindakan guru yang telah menyuruhnya memakai sabuk di leher dan makan rumput.

Seorang petugas dari Departemen Kesejahteraan Sosial Malaysia mendatangi kedua murid untuk melakukan investigasi kasus tersebut dengann memintai keterangan.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Kementerian Pendidikan Malaysia Khair Mohamad Yusof mengatakan, hukuman yang diberikan oleh guru tersebut terhadap muridnya bukanlah hukuman kedisplinan.

Oleh karena itu, dia akan memberikan hukuman kepada si guru. "Saya akan memutasinya (memindahkan) ke sekolah lain," kata Khair.

Dia menilai perbuatan guru itu sudah berlebihan atau melewati batas. Bagi dia, hukuman makan rumput itu terlalu keras untuk seorang pelajar yang masih menginjak pendidikan di tingkat SD. "Guru itu sudah membuat nama kementerian pendidikan menjadi buruk," keluh Khair. (Riz/Sss)

Baca juga:

Bocah 10 Tahun Gondol Cincin Berlian Senilai Rp 18,9 M
KBRI Selamatkan 51 WNI Terdampar di Perairan Malaysia
Curahan Hati Anwar Ibrahim Saat Ditolak Masuk Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini