Sukses

Bayi-bayi yang Terlahir dengan Ukuran Jumbo

Kelahiran buah hati ke dunia memang sangat dinanti sepasang suami istri. Sosok bayi baik perempuan maupun laki-laki saat hadir ke muka bumi pertama kali, umumnya mungil, cantik, atau tampan sehingga membuat orang-orang yang melihatnya begitu gemas.

Namun kelahiran bayi-bayi jumbo, yang beberapa kali lipat dari ukuran umum bayi, tak kalah mengagumkannya.

Berikut bayi-bayi jumbo dari seluruh dunia yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (28/9/2013):
2 dari 9 halaman


1. Jasleen dari Jerman

Jasleen lahir ke dunia pada 2013, dengan bobot 6,1 kg dan panjang 57 cm panjang. Meski bobot tubuhnya lebih besar dari bayi pada umumnya, Jasleen lahir secara alami.

Seperti dilansir Perthnow edisi 30 Juli 2013, bayi perempuan jumbo itu lahir di Rumah Sakit Universitas di Leipzig, Jerman pada tanggal 26 Juli. Ia juga diklaim menjadi bayi terbesar yang pernah ada di negaranya.

Ibu Jasleen itu ditemukan memiliki kasus terdiagnosis diabetes gestasional, yang umumnya diketahui pada usia kehamilan sang ibu sekitar minggu ke-24, sehingga menyebabkan Jasleen lahir lebih besar dari bayi ukuran normal.
3 dari 9 halaman


2. Stephen Lyttle dari Australia

Stephen Lyttle lahir ke dunia dengan bobot 7,399 kg. Bayi jumbo ini lahir di Rumah Sakit Kempsey, pada tanggal 26 Januari 1963.

Seperti diberitakan koran The Macleay Argus di tahun yang sama dengan kelahirannya, ia juga diklaim sebagai yang terberat di Australia. Sebab bobot rata-rata bayi Australia hanya 3,37 kg.

Tahun ini, si bayi jumbo Stephen telah berusia 50 tahun dan memiliki bobot tubuh proporsiobal. Dengan tinggi 1,86 meter dan beratnya 97 kg.
4 dari 9 halaman


3. Bayi 6,2 Kg di Spanyol

Maxime Marin, wanita Inggris berusia 40 tahun melahirkan bayi terbesar yang pernah lahir secara alami di Spanyol. Bayinya yang berukuran jumbo, memiliki bobot 6,2 kg.

Maxime melahirkan bayinya di Rumah Sakit Marina Salud di kota Mediterania Denia, sekitar pukul 04.43 waktu setempat.

Menurut pihak rumah sakit seperti dilansir Herald Sun.com.au pada 8 Agustus 2013, umumnya bayi yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dilahirkan melalui operasi caesar. Namun Maxime sang ibu, bahkan tidak membutuhkan epidural --obat penghilang rasa sakit yang disuntikkan ke tulang belakang saat melahirkan.

Maixme yang tinggal di Spanyol dengan pasangannya dari Kolombia mengatakan, ia tahu bahwa bayinya akan tumbuh menjadi besar, tapi ia tak menyangka jika buah hatinya terlahir sebesar itu.
5 dari 9 halaman


4. George King dari Inggris

George King, si bayi jumbo ini lahir di Inggris tahun 2013. Beratnya 6,8 kg. Bobotnya, hampir dua kali ukuran rata-rata bayi normal.

Tidak ada indikasi bahwa bayi George akan menjadi sebesar itu, sebab kedua orang tuanya lahir pada ukuran normal, seperti dimuat situs Christian Post edisi 27 Maret 2013.

Ukuran Bayi George tentunya menimbulkan kesulitan yang signifikan bagi ibunya, Jade. Saat melahirkan, badan bayi George tersangkut di rahim meski kepalanya telah keluar dari rahim sang ibu.  

Ukurannya yang jumbo, membuat bayi George harus berjuang agar bahunya yang tentunya lebih besar dari bayi normal bisa keluar dari rahim sang ibu. Menurut Jade, saat itulah proses melahirkannya menjadi menakutkan.

"Karena sekitar 20 staf medis berada di ruang persalinan untuk mengeluarkan bayinya. Akhirnya, bayi George berhasil dikeluarkan dan dipindahkan ke rumah sakit lain untuk perawatan khusus.
6 dari 9 halaman


5. JaMichael dari Texas

Pada tahun 2011, Janet Johnson melahirkan bayi laki-laki , yang memasuki dunia dengan berat 7,2 kilogram. Bayinya yang diberi nama JaMichael.

Seperti dimuat dalam ABC News.go.com pada 11 Juli 2011, diklaim sebagai bayi terberat yang lahir di Rumah Sakit Good Shepherd di Longview, dia juga dilaporkan menjadi yang terbesar lahir di Lone Star State.

Janet dan tunangannya, Michael Brown, telah mengetahui bahwa bayi besarnya akan keluar. Dua minggu sebelum persalinan secara caesar, Dr John Kirk, dokter kandungan Janet mengatakan bayinya diperkirakan akan berbobot 12 atau 13 kilogram.

Meski perkiraan sang dokter tak tepat, namun lahirnya bayi George tetap mengejutkan sang dokter. karena ukurannya tetap lebih besar dari ukuran bayi normal.
7 dari 9 halaman


6. Nadia Khalina dari Siberia

Bayi perempuan bernama Nadia juga tak kalah besar saat dilahirkan ibunya. Bobotnya mencapai 7,75 kg.

Dalam ca.ibtimes.com pada 11 Juli 2011, bayi Nadia kemudian difoto di sebuah ruang persalinan di Barnaul, sebuah kota di Siberia pada tanggal 26 September 2007.

Tatyana Khalina sang ibu, mengejutkan suaminya dengan melahirkan Nadia. Selain karena alasan bobot Nadia yang super besar, bayi perempuannya yang lahir dengan selamat itu adalah anaknya yang ke-12.
8 dari 9 halaman


7. Bayi 8 Kg di Indonesia

Ternyata bayi jumbo juga lahir di Indonesia. Beratnya 8,7 kg, paling besar di antara bayi normal di Rumah Sakit Umum Abdul Manan di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Seperti diberitakan Liputan6.com pada 20 Desember 2012, wanita asal Indonesia ini melahirkan bayinya melalui operasi caesar.

Sementara menurut beberapa media lain, bayi yang ketika itu belum diberinama dilahirkan pada tanggal 21 September 2009.
9 dari 9 halaman


8. Ademilton dos Santos dari Brasil

Pada tahun 2005, seorang wanita di Brasil melahirkan jumbo seberat 8 kg. Ademilton dos Santos adalah bayi terberat yang pernah lahir di Brasil, menurut Asosiasi Ginekologi Brasil.

Dalam pemberitaan BBC edisi 25 Juli 2005, Ademilton lahir melalui operasi caesar di sebuah rumah sakit di Salvador, di timur laut Brasil. Dia adalah anak kelima Francisca Ramos dos Santos.

Dokter kandungan yang menangani kelahiran Ademilton mengatakan, ukuran yang tidak biasa itu mungkin karena kondisi sang ibu yang menderita diabetes. (Tnt/Mut)