Sukses

[VIDEO] Menakjubkan! Hiu Martil Melahirkan di Tepi Pantai

Momen langka itu tentu saja membuat para pengunjung pantai terpesona menyaksikannya.

Menakjubkan, momen hiu martil melahirkan bayi-bayinya terekam kamera amatir. Momen langka itu tentu saja membuat para pengunjung pantai terpesona menyaksikannya.

Dalam video yang dimuat Daily Mail, Selasa (13/8/2013), terlihat pengunjung pantai Panama City, Florida, AS mulai berkerumun setelah seorang pemancing menyeret hiu martil sepanjang 1,5 meter dari laut ke tepi pantai.

Saat mamalia laut itu meronta-ronta di air dangkal pada Senin 12 Agustus waktu setempat, bayi-bayi hiu martil pun keluar begitu saja dari tubuh induknya. Bukan satu, melainkan beberapa bayi keluar sekaligus. Penonton pun kagum melihat bayi-bayi itu menggelliat di atas pasir. Mereka kemudian mendorong bayi-bayi hiu martil itu menuju laut.

Sementara si induk hiu martil sulit untuk diarahkan kembali ke dalam air. Meski berulang kali telah dipandu si pemancing. Hiu martil itu justru berontak berenang menjauhi laut dan menuju pasir pantai.

"Hiu itu tampaknya sedang mencari jalan keluar, dan berontak di sekitar garis pantai," ujar Kathy Hunt, seorang pengunjung pantai.

Tak lama kemudian, petugas patroli pantai pun datang dan mengambil alih situasi. Mereka juga telah mencoba 'membujuk' hiu kembali ke perairan yang lebih dalam, namun gagal. Hiu itu akhirnya mati sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Anak-anak hiu martil memang dikenal sangat mandiri. Mereka bahkan sering berenang menjauhi ibunya sesaat setelah dilahirkan. Seperti yang terekam dalam momen di pantai Florida.

Anak-anak hiu martil juga tidak menerima nutrisi lebih lanjut dari orangtua mereka setelah lahir. Mereka justru berjuang sendiri di perairan dangkal. Di mana di lokasi itu predator yang memburu mereka hanya sedikit, ketimbang jika tinggal di laut luas.

Makhluk Laut Jinak

Hiu martil betina biasanya melahirkan bayi-bayinya berkisar 20-40 ekor, dengan ukuran sekitar 70 cm.

Di Florida, penampakan hiu martil memang hal lumrah. Hiu-hiu martil memang sering terlihat mengikuti perahu nelayan, untuk ikut memakan beberapa hasil tangkapan di jaring. Bahkan populasi mereka meningkat dalam 2 tahun terakhir.

Kebanyakan spesies hiu martil kecil memang dianggap tidak berbahaya bagi manusia. Mereka tak memangsa manusia seperti kebanyakan hiu lainnya. Namun mereka akan menyerang jika merasa terancam.

Hiu martil jarang diburu berkat bentuk kepala yang tidak biasa. Mereka memakan ikan, cumi-cumi, dan krustasea.

Seperti hiu yang melahirkan di Florida, spesies martil umumnya mendiami terumbu dangkal laut tropis di seluruh dunia, dan bahkan dapat ditemukan dalam air dangkal di kedalaman hanya 1 meter. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.