Sukses

Obama Temui Keluarga Mandela di Afrika Selatan

Dalam pertemuan tersebut, Obama memuji Mandela yang tengah sakit kritis sebagai salah satu tokoh terbesar dalam sejarah.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertemu dengan keluarga mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Sabtu (29/6/2013). Dalam pertemuan tersebut, Obama memuji pahlawan anti-apartheid yang tengah sakit kritis itu sebagai salah satu tokoh terbesar dalam sejarah.

"Luapan cinta yang kita saksikan selama beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa kemenangan Nelson Mandela dan bangsanya menyentuh sesuatu yang paling mendalam bagi semangat manusia; kerinduan akan keadilan dan martabat yang tidak mengenal ras, kelas, kepercayaan dan negara," kata Obama seperti dilansir BBC.

Obama bertemu secara pribadi dengan sejumlah anggota keluarga Mandela di Nelson Mandela Centre of Memory di Johannesburg. Pertemuan yang berlangsung selama 30 menit, itu terjadi antara Obama dengan 2 putri Mandela dan beberapa cucunya.

Dalam kunjungan ke Afrika Selatan kali ini, Obama tidak menjenguk Mandela (94) yang sedang dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru. Menurut Gedung Putih, keputusan ini diambil atas dasar pertimbangan keluarga Mandela.

Telepon Istri Mandela

Selain bertemu dengan 2 putri Mandela, Obama juga mengaku telah berbicara melalui telepon dengan istri Mandela, Graca Machel, yang tetap di sisi suaminya di rumah sakit di Pretoria.

"Saya menyatakan harapan saya bahwa Madiba (Mandela) menarik kedamaian dan kenyamanan dari waktu yang dia habiskan dengan orang yang dicintai, dan juga menyatakan dukungan tulus saya untuk seluruh keluarga karena mereka bekerja untuk melalui masa sulit ini," kata Obama menggunakan nama marga Madiba, panggilan akrab Mandela.

Machel, istri Mandela, pun mengatakan, dia telah menyampaikan pesan ini kepada suaminya dan berterima kasih kepada Obama untuk 'sentuhan kehangatan pribadinya'.

Mandela Kritis Tapi Stabil

Obama sebelumnya mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Pada kesempatan itu, Zuma mengatakan Mandela tetap dalam kondisi kritis tetapi stabil.

"Kami berharap bahwa segera ia akan keluar dari rumah sakit," tambah Zuma, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kondisi itulah yang akhirnya memutuskan Obama untuk tidak menemui Mandela di rumah sakit. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.