Sukses

Anjing `Pahlawan` Selamatkan Bayi yang Dibuang di Tempat Sampah

Dengan hati-hati, Pui membawa kantung plastik berisi bayi ke rumah majikannya. Menggonggong dengan keras, untuk menarik perhatian.

Seekor anjing dielu-elukan sebagai pahlawan, atas jasanya menyelamatkan seorang bayi perempuan yang masih merah dari tempat sampah.

Anjing bernama Pui yang berasal dari Distrik Bangkaew menemukan bayi malang itu di dalam sebuah tas kresek di
pinggiran jalan Bangkok.

Dengan hati-hati anjing coklat yang lucu itu membawa plastik berisi bayi tersebut ke rumah majikannya, Gumnerd Thongmak. Pui menyalak sekeras mungkin untuk mencari perhatian.

Keponakan majikan Pui, Sudarat (12) lalu membuka plastik itu dan terkejut. Di dalamnya ada sesosok bayi mungil, yang langsung dilarikan ke rumah sakit.





Dokter mengatakan, bayi tersebut lahir prematur. Beratnya hanya 1,8 kilogram. Orangtua si bayi malang itu terus dilacak aparat keamanan. Sementara para staf medis di rumah sakit terus merawatnya. Kini, bayi yang belum diberi nama itu dikabarkan dalam kondisi baik.

"Untung Pui kecil menemukan bayi itu. Meski apa yang ditemukannya sangat mengejutkan bagi kami, sebab dia tak pernah membawa apapun sebelumnya. Paling-paling kerjaannya menggonggong ke orang asing saat di luar," kata ibu Sudarat, Poomrat Thongmak, seperti dimuat Daily Mail 8 Juni 2013.

Sudah lima keluarga mengontak aparat, berharap bisa mengadopsi yang ditemukan Pui. Warga sekitar menyebut, Pui sering berkeliaran di lingkungan sekitar.




Aksinya itu membuat Pui banjir pujian. Ia juga dianugerahi kalung leher bagus dari kulit berwarna merah. Juga medali dari palang merah Tha Rua.

Majikannya juga ikut kecipratan rejeki. Uang senilai lebih dari Rp 2 juta diberikan atas aksi hewan peliharaannya itu.

Sebelumnya, juga ada anjing pahlawan bernama Kabang. Ia melempar tubuhnya ke sepeda motor yang melaju cepat. Dua nyawa anak selamat karena tindakannya ini.

Namun malang baginya, anjing Filipina itu harus kehilangan separuh wajahnya yang rusak karena tertabak motor.

Dilansir dari News.com.au, Rabu (5/6/2013), pasca-kecelakaan tersebut, Kabang pun menjalani perawatan selama 8 bulan di Amerika Serikat. Tim dokter di negara pimpinan Obama itu berusaha untuk merekonstruksi wajah Kabang agar kembali seperti semula.

Pada Senin 3 Juni, Kabang pun diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Universitas California Davis Veteriner. Selain itu, ia juga dinyatakan sembuh dari kanker serta penyakit cacing hati yang dideranya, selain mendapatkan perawatan rekonstruksi wajah.(Ein)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini