Sukses

World Water Forum ke-10 di Bali Resmi Ditutup, Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Selanjutnya

Arab Saudi akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum ke-11 pada tahun 2027

Liputan6.com, Denpasar - World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali sejak 18 Mei 2024 resmi ditutup, ditandai dengan penyerahan bendera dari Indonesia sebagai rumah tahun ini ke Arab Saudi sebagai tuan rumah selanjutnya.

Dalam acara penutupan World Water Forum 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara simbolis menyerahkan bendera ke Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon, yang kemudian langsung diserahkan ke Wakil Menteri Perairan, Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Kerajaan Arab Saudi Abdulaziz Alshaibani.

"Kami berkomitmen untuk melanjutkan pencapaian dari forum sebelumnya dan solusi inovatif untuk masalah pembiayaan air dan mekanisme secara global," kata Alshaibani dalam upacara penutupan World Water Forum 2024 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (24/5/2024).

"Kami bertujuan untuk memastikan bahwa World Water Forum akan menjadi tonggak sejarah dalam upaya kolektif kami untuk menjamin masa depan yang lebih baik bagi semua orang," lanjutnya.

Arab Saudi turut memastikan bahwa dalam penyelenggaraan World Water Forum di Riyadh pada tahun 2027 akan mendorong sinergi kebijakan dan pendekatan dalam mengatasi masalah terkait air di seluruh dunia.

"Mari kita berkomitmen pada tanggung jawab bersama dalam mengelola dan melindungi sumber daya air kita yang berharga," tutup dia.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara WWF ke-10 Basuki Hadimuljono juga menuturkan harapannya agar negara dan pihak-pihak yang terlibat tetap melanjutkan kerja sama setelah forum air sedunia pada tahun ini telah selesai.

Ia menegaskan perlunya komitmen untuk melakukan aksi konkret, meningkatkan sinergi antara para pemangku kepentingan, dan berkontribusi berdasarkan kapabilitas negara masing-masing.

"Saya harap forum ini membawa keuntungan bagi komunitas global. Saya juga berharap akan kesuksesan Kerajaan Arab Saudi sebagai tuan rumah World Water Forum ke-11 pada tahun 2027," ungkap Basuki.

"Dengan ini, saya menyatakan World Water Forum ke-10 di Bali resmi ditutup."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.