Sukses

9 Mei 1960: FDA Izinkan Penggunaan Enovid-10, Pil KB Komersial Pertama di Dunia

Pada tanggal 9 Mei 1960, Food and Drug Administration (FDA) mengizinkan penjualan pil kontrasepsi Enovid-10.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) memberikan izin atas penggunaan pil kontrasepsi atau pil KB pertama di dunia, yaitu Enovid-10, yang dibuat oleh perusahaan G.D Searle yang berbasis di Chicago, Illinois, pada 9 Mei 1960, tepat 64 tahun lalu.

Pengembangan "pil" ini, yang dikenal secara luas, awalnya ditugaskan oleh Margaret Sanger, seorang pelopor kontrasepsi, dan didanai oleh Katherine McCormick, melansir dari History.com, Kamis (9/5/2024).

Margaret Sanger, yang membuka klinik kontrasepsi pertama di Amerika Serikat pada tahun 1916, berharap dapat mendorong pengembangan solusi kontrasepsi yang lebih praktis dan efektif daripada yang digunakan pada saat itu.

Pada awal tahun 1950-an, Gregory Pincus, seorang ahli biokimia di Worcester Foundation for Experiment Biology, dan John Rock, seorang ginekolog di Harvard Medical School, mulai bekerja pada pil kontrasepsi. 

Uji klinis dari pil kontrasepsi ini, yang menggunakan progesteron dan estrogen sintesis untuk menekan ovulasi pada wanita, dimulai pada tahun 1954. 

Pada tanggal 9 Mei 1960, FDA menyetujui pil tersebut dan akhirnya memberikan kebebasan reproduksi yang lebih besar kepada wanita Amerika.

Kemudian, menurut artsci.case.edu, Enovid-10, pil kontrasepsi pertama yang diproduksi oleh G.D Searle ini disediakan secara gratis untuk uji klinis di Puerto Rico dan tempat lainnya pada saat itu. Pil ini mengandung 10 miligram noretinodrel (bentuk sintesis dari hormon progesteron) dan 0,15 gram estrogen sintesis.

Estrogen merupakan hasil samping dari proses manufaktur, tetapi menghilangkannya dari formula dapat menyebabkan perdarahan breakthrough yang lebih sering terjadi pada pengguna. Oleh karena itu, estrogen tetap dimasukkan dalam formula.

Pada tahun 1958, pil ini telah diuji pada 830 wanita, sebagian besar di Puerto Rico. Awalnya banyak yang mempertanyakan etika dari pengujian semacam itu, tetapi wanita Puerto Rico secara aktif mencari cara baru untuk mengendalikan kehamilan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Margaret Sanger

Sosok di balik pil kontrasepsi Enovid-10 adalah Margaret Sanger, wanita yang bekerja sebagai perawat di Lower East Side, New York, pada tahun 1911.

Karena kurangnya akses terhadap kontrol kelahiran pada saat itu, ia menyaksikan konsekuensi bagi wanita miskin dan imigran yang harus mencari layanan aborsi murah di gang-gang kecil.

Pengalaman-pengalaman ini mengubahnya menjadi seorang aktivis, dan ia mulai berjuang untuk hak setiap wanita untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Pada awal tahun 1900-an, Undang-Undang Cumstock menjadikan tindakan kriminal distribusi dan kepemilikan informasi tentang aborsi atau kontrasepsi yang melanggar hukum, mengutip dari RTL Today, Kamis (9/5).

Dalam wawancara dengan NPR, Linda Gordon, seorang sejarawan di Universitas New York, mengingat betapa sulitnya bagi wanita untuk mengakses kontrol kelahiran dan stigma yang menyertainya.

"Ketika saya kuliah, sejumlah wanita memiliki cincin pernikahan, cincin emas, yang akan kami pinjam dan gunakan ketika kami ingin pergi ke dokter untuk mendapatkan ukuran diafragma," kata Gordon. "Dengan kata lain, ada orang-orang yang menemukan cara untuk lakukannya, bahkan pada saat itu."

Pada tahun 1914, Margaret Sanger menciptakan istilah "birth control" atau kontrasepsi dan pada tahun 1921 ia mendirikan Liga Kontrol Kelahiran Amerika, pendahulu Federasi Perencanaan Keluarga.

3 dari 4 halaman

Dibantu Oleh Si Sahabat dan Seorang Peneliti

Pada akhir tahun 1940-an, Margaret Sanger membuat kemajuan yang signifikan dalam memajukan perjuangannya perihal kontrasepsi, tetapi masih merasa frustrasi dengan pilihan terbatas yang masih dimiliki wanita untuk mengendalikan kehamilan mereka.

Solusi kontrasepsi tetap sulit diakses oleh wanita yang belum menikah, dan apa yang tersedia bagi wanita yang sudah menikah seringkali tidak dapat diandalkan pada saat itu.

Bagi Sanger, kontrasepsi seharusnya sepraktis mengonsumsi aspirin. Oleh karena itu, ia memulai misi untuk menemukan seseorang yang bisa membantunya mencapai tingkat akses tersebut.

Pada tahun 1951, ia menghubungi Gregory Pincus, seorang peneliti yang tertarik untuk mempelajari sistem reproduksi manusia. Sanger meminta bantuan dari sahabat jandanya, Katharine McCormick, yang mewarisi sebagian besar kekayaan keluarga McCormik, untuk mengumpulkan dana yang cukup bagi Pincus dan timnya untuk meneliti kontrasepsi hormonal.

Akhirnya, penelitian mereka menghasilkan penciptaan "Enovid-10", pil kontrasepsi pertama. Dan pada 9 Mei 1960, akhirnya disetujui oleh FDA.

4 dari 4 halaman

Hidup Para Wanita yang Akhirnya Berubah

Dalam waktu dua tahun setelah distribusi pil yang pertama, sekitar 1,2 juta wanita Amerika menggunakan pil tersebut, dan pada tahun 1965, 40% dari wanita yang baru menikah muda juga mengonsumsi pil tersebut. Pada tahun 1961, National Health Service (NHS) memperkenalkan pil kontrasepsi ini ke Inggris.

Wanita yang belum menikah tidak mendapatkan akses ke pil tersebut sampai tahun 1967 di Inggris dan 1970 di AS, tetapi setelah mereka mulai bisa mendapatkannya, hal tersebut merupakan revolusi sejati bagi semua wanita muda.

Mereka saat itu sudah bisa memiliki kemampuan untuk mengatur waktu kapan akan memiliki anak, seperti menunda hingga setelah menyelesaikan pendidikan kuliah. Kehadiran anak pada saat yang tidak tepat dapat mengganggu kemajuan pendidikan wanita atau menghambat perkembangan karier mereka.

pada 1970, pendaftaran perguruan tinggi 20% lebih tinggi di antara wanita yang dapat mengakses pil kontrasepsi secara legal pada usia 18 tahun. Selain itu, antara tahun 1969 dan 1980, tingkat putus sekolah di antara wanita yang memiliki akses ke pil tersebut 35% lebih rendah daripada wanita yang tidak memiliki akses.

Lalu beberapa dekade kemudian, laporan dari tahun 2019 menunjukkan bahwa wanita yang memiliki akses ke kontrasepsi ke usia muda memiliki dampak langsung pada berapa banyak pendapatan yang mereka hasilkan pada usia 30-an dan 40-an.

Wanita yang memiliki akses ke kontrasepsi legal mulai dari usia 18 hingga 21 tahun mendapatkan 5% lebih banyak per jam dan 11% lebih banyak per tahun pada saat mereka berusia 40 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak, menurut laporan tersebut. Mereka juga memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk hidup dalam kemiskinan.

Di Luksemburg, semua bentuk kontrasepsi sepenuhnya dibayarkan untuk penduduk dan pekerja lintas batas. Sulit untuk membayangkan bahwa hanya 64 tahun lalu, kontrasepsi belum tersedia dengan mudah.

Namun, di AS, hal-hal kembali dipertanyakan. Setelah pembatalan Roe v. Wade pada tahun 2022, Hakim Clarence Thomas menulis bahwa para hakim di Mahkamah Agung harus mempertimbangkan kembali "semua preseden proses hukum substansial Pengadilan ini," termasuk kasus Griswold v. Connecticut, yang memutuskan larangan kontrasepsi tidak konstitusional.

Sejauh ini, kontrasepsi masih dianggap aman, tetapi sekali lagi wanita di AS harus waspada akan otonomi tubuh mereka, mengingat bahwa tidak ada perubahan sejarah yang sudah ditetapkan dalam batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.