Sukses

Penikaman di Perth Australia Lukai 1 Orang, Remaja Pelaku Ditembak Mati Polisi

Komisaris polisi Western Australian (WA)/ Australia Barat, Kolonel Blanch, mengatakan insiden penikaman tersebut "tentu saja memiliki ciri-ciri insiden terkait terorisme, namun dia belum siap untuk menyatakannya pada tahap ini".

Liputan6.com, Willetton - Polisi Western Australian (WA)/ Australia Barat mengatakan mereka telah menembak dan membunuh seorang remaja yang diduga menyerang seorang pria di tempat parkir kawasan Perth pada Sabtu 4 Mei 2024 malam.

Detektif pada hari Minggu (5/5/2024), seperti dikutip dari The Guardian, mengatakan tidak ada ancaman yang berkelanjutan terhadap masyarakat dan remaja berusia 16 tahun itu diyakini bertindak sendirian di Willetton.

Komisaris polisi WA, Kolonel Blanch, mengatakan insiden penikaman tersebut "tentu saja memiliki ciri-ciri insiden terkait terorisme, namun dia belum siap untuk menyatakannya pada tahap ini".

“Ini soal waktu," kata Blanch. "Masih terlalu dini bagi saya untuk bertindak sekarang karena saya tidak khawatir dengan jaringan yang lebih luas yang mungkin terlibat."

Premier Roger Cook mengatakan ada indikasi remaja berusia 16 tahun itu "telah diradikalisasi secara online".

Remaja berusia 18 tahun yang ditusuk berada dalam kondisi serius namun stabil di rumah sakit dan "baik-baik saja", kata pihak berwenang pada hari Minggu (5/5).

Blanch mengatakan polisi menerima telepon pada Sabtu malam dari seseorang yang mengatakan kepada operator bahwa mereka "akan melakukan tindakan kekerasan".

Orang itu menutup telepon tanpa menyebutkan nama atau lokasinya. Namun panggilan tersebut diikuti oleh peringatan lain kepada polisi tentang seseorang yang “berlari di sekitar tempat parkir” dengan membawa pisau dapur besar.

Tiga polisi merespons dalam beberapa menit dan langsung dihadang oleh remaja yang memegang pisau besar, kata Blanch.

Komisaris mengatakan dua petugas mengeluarkan taser (senjata kejut) mereka dan petugas ketiga mengeluarkan senjata api. Ketika diminta untuk meletakkan pisaunya, remaja berusia 16 tahun itu tidak menanggapi dan menurut rekaman kamera tubuh, diduga berlari ke arah petugas, kata Blanch.

Dua petugas pertama menembakkan taser mereka tetapi ketika remaja tersebut terus mendekat, petugas ketiga melepaskan satu tembakan yang melukai fatal remaja berusia 16 tahun tersebut, kata polisi.

Blanch mengatakan remaja tersebut bertindak sendirian dalam apa yang tampaknya merupakan "hasil yang sangat menyedihkan dan tragis". Dia mengatakan belum diketahui apa yang menjadi pemicu kejadian tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelaku Masuk Daftar Program Pemberantasan Ekstremisme

Pelaku penikaman, remaja tersebut diduga sudah dikenal polisi dan terlibat dalam program countering violent extremism/CVE atau pemberantasan ekstremisme kekerasan sejak tahun 2022 ketika ia berusia 13 tahun.

Adapun program ini memberikan dukungan dari para psikolog, departemen pendidikan dan jika diperlukan, para pemimpin agama.

CVE Western Australian (WA)/ Australia Barat merupakan upaya yang dilakukan oleh Anne Aly – yang kini menjabat Menteri Pemuda federal – dan program-program yang digunakan untuk deradikalisasi neo-Nazi di luar negeri. Hal ini tidak terbatas pada mereka yang dihukum karena kejahatan.

Aly mengatakan pada hari Minggu (5/5) bahwa pikirannya tertuju pada semua orang yang terlibat.

"Program deradikalisasi adalah langkah keselamatan masyarakat yang penting," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Seringkali program ini berhasil, namun tidak ada program yang dapat menjamin keberhasilannya. Sifat sensitif dari program-program inilah yang sering kali kita dengar hanya ketika program tersebut tidak berhasil. Saya memuji dan berterima kasih kepada polisi WA atas cara positif mereka bekerja dengan komunitas Muslim dalam masalah ini."

 

3 dari 3 halaman

Perdana Menteri Anthony Albanese Kontak Intelijen

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan dia telah berbicara dengan Premier Roger Cook dan menerima pengarahan dari polisi dan badan intelijen Australia, ASIO.

"Pikiran saya tertuju pada mereka yang terkena dampak insiden itu," kata PM Albanese. "Kami adalah negara yang cinta damai dan tidak ada tempat bagi ekstremisme kekerasan di Australia.”

Premier Cook, yang mengadakan pertemuan dengan para pemimpin komunitas multi-agama, menggambarkan insiden tersebut sebagai "keadaan yang sangat tragis” dan berterima kasih kepada polisi atas tindakan cepat mereka dengan mengatakan bahwa komunitas tersebut “berhutang budi kepada mereka".

"Polisi kami merespons dalam beberapa menit. Mereka menghadapi situasi yang sangat sulit namun respons mereka yang cepat dan profesional menjaga komunitas kita tetap aman," kata PM Albanese.

"Kasus-kasus ini tidak pernah berjalan mulus. Selalu ada serangkaian keadaan, kasus, dan kondisi kompleks yang melatarbelakanginya," jelas PM Albanese.

Komisaris polisi WA, Kolonel Blanch, menggambarkan tersangka penyerang sebagai "pria Kaukasia". Dia berterima kasih kepada anggota komunitas Muslim yang "memiliki keberanian untuk menanggapi dan mengungkapkan keprihatinan mereka bahwa orang ini menunjukkan perilaku yang memprihatinkan".

Blanch mengatakan masyarakat telah memberi tahu polisi setelah melihat sesuatu yang diposting online oleh remaja berusia 16 tahun itu.

Imam Adelaide Kamran Tahir, yang sebelumnya bertugas di Perth, pada hari Minggu mengutuk dugaan serangan tersebut "dengan keras".

"Kami sekali lagi sedih mengetahui adanya serangan pisau lainnya yang melukai warga sipil tak berdosa, kali ini di Perth," kata Tahir. "Harus dijelaskan dengan jelas bahwa tidak ada pembenaran atas tindakan seperti itu dalam Islam."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.