Sukses

22 Menit 'Drama' Penusukan Bocah dengan Pedang di London, Pelaku Disetrum dan Ditangkap

Bocah korban penusukan di Hainault, London, Inggris itu dibawa ke rumah sakit kemudian dinyatakan meninggal.

Liputan6.com, Hainault - Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun tewas setelah seorang penyerang bersenjatakan pedang mengamuk di timur laut London, Inggris pada Selasa 30 April 2024 waktu setempat.

Laporan BBC yang dikutip Rabu (1/5/2024) menyebut polisi dipanggil atas laporan adanya mobil yang menabrak sebuah rumah dan orang-orang ditikam di Hainault sekitar pukul 07:00 BST.

Bocah itu dibawa ke rumah sakit kemudian dinyatakan meninggal.

Empat orang lainnya, termasuk dua petugas polisi, terluka sebelum tersangka - yang melompati pagar taman orang - terpojok dan disetrum di taman depan.

Pria berusia 36 tahun itu ditangkap dan Metropolitan Police/ Met Police (Polisi Metropolitan) mengatakan dia berada di rumah sakit untuk dirawat karena luka yang dideritanya, ketika kendaraan yang ditumpanginya menabrak rumah.

Kondisinya berarti dia belum diwawancarai, tambah polisi.

Asisten Komisaris Louisa Rolfe mengatakan penyelidikan mereka belum menemukan adanya kontak sebelumnya antara pria tersebut dan polisi.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan seorang pria dengan pisau panjang di Laing Close.

Ch Supt Stuart Bell mengakui bahwa akan ada "keinginan untuk mendapatkan jawaban dan penjelasan mengenai apa yang terjadi" dan petugas berupaya untuk "menetapkan fakta seutuhnya".

Ch Supt Bell mengatakan, kedua polisi Met mengalami luka yang memerlukan operasi. Dia menggambarkan luka penusukan yang dialami petugas sebagai hal yang "signifikan" tetapi tidak mengancam jiwa.

Cedera yang dialami dua anggota masyarakat lainnya juga "diyakini tidak mengancam jiwa".

Ch Supt Bell mengatakan polisi tidak yakin ada ancaman yang berkelanjutan terhadap masyarakat luas dan mereka tidak mencari tersangka lain. Dia menambahkan, dirinya tidak yakin serangan itu ada kaitannya dengan teror dan bukan merupakan serangan yang "ditargetkan".

'Drama' 22 Menit

The Guardian melaporkan bahwa hanya butuh waktu sekitar 22 menit antara polisi menerima panggilan 999 pertama tentang seorang pria yang memegang pedang di pinggiran kota London timur yang tenang, lalu dia ditembak dengan Taser kemudian ditangkap.

Namun dalam waktu singkat itu, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun ditikam hingga tewas, dan empat orang lainnya, termasuk dua petugas polisi, terluka.

Polisi menggambarkan kejadian Selasa (30/4) pagi, di dekat stasiun kereta bawah tanah Hainault, sebagai "benar-benar mengerikan". "Saya bahkan tidak dapat membayangkan bagaimana perasaan mereka yang terkena dampaknya," kata Ch Supt Stuart Bell.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterangan Saksi Mata

Saksi bernama James Fernando mengatakan dia melihat tersangka meminta salah satu tetangganya untuk mengambil telepon dan "memberi tahu siapa pun yang dihubungi tentang lokasi dia berada".

Pria berusia 39 tahun itu mengatakan tetangganya segera menyadari pedang itu dan mulai berlari.

Saat dia melarikan diri, perempuan itu berteriak kepada tetangganya yang lain, sementara anak laki-laki yang sedang dalam perjalanan ke sekolah, kemudian diserang oleh penyerang saat dia berbalik, kata Fernando.

Saksi mata lainnya, Chris Bates, yang tinggal di Thurlow Gardens, mengatakan dia melihat tersangka berlari melewati area tersebut.

“Dia berlari melewati taman dan keluar ke jalan dekat rumah sebelah saya,” katanya kepada BBC Radio 5 Live.

"Polisi ada di sana. Dia kemudian berlari ke bawah dua pintu, dan mencoba menaiki perancah, dan mereka menyetrum dan menjatuhkannya."

Manpreet Singh, yang juga menyaksikan serangan itu, mengatakan kepada BBC Radio 5 Live bahwa dia baru saja keluar dari kantor ketika dia "mendengar kekacauan" di seberang jalan.

"Saya melihat sekelompok orang, lima atau enam orang, mencoba melawan seorang pria – dia memegang pedang di tangannya," kata Singh.

"Ada sekitar tujuh atau delapan mobil polisi memasuki jalan itu dan, setelah 10 menit, saya melihat pria itu berlari menuju stasiun dan memasuki jalan di seberang stasiun. Dia mencoba masuk ke salah satu rumah tetapi tidak bisa masuk dan saat itulah mereka menyerangnya."

Stasiun Bawah Tanah Hainault London ditutup selama insiden tersebut dan bus lokal dialihkan.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan untuk Korban

Ch Supt Bell mengatakan keluarga anak laki-laki yang jadi korban didukung oleh petugas spesialis pada “masa sulit yang tidak terbayangkan” ini.

Wali Kota London Sadiq Khan berkata: "Saya yakin, saya berbicara mewakili seluruh kota ketika mengatakan bahwa pikiran kami tertuju pada anak kecil ini dan keluarganya."

Sadiq Khan mengatakan petugas berseragam tambahan akan berada di daerah itu dalam beberapa hari mendatang dan meminta penduduk di Hainault, untuk menyampaikan rekaman apa pun yang direkam di ponsel atau kamera bel pintu kepada polisi.

Perdana Menteri Rishi Sunak menggambarkan insiden tersebut sebagai sesuatu yang "mengejutkan", dan menambahkan: "Kekerasan seperti itu tidak memiliki tempat di jalan-jalan kita."

 

4 dari 4 halaman

Respon Berani Petugas

Wes Streeting, anggota parlemen Ilford North, mengatakan masyarakat akan "terpukul oleh berita yang memilukan ini".

Seraya berterima kasih kepada layanan darurat atas “respon berani” mereka, Streeting menggambarkan para petugas yang telah menempatkan diri mereka dalam bahaya demi melindungi orang lain sebagai "yang terbaik dari kita".

Rick Prior, ketua Federasi Polisi Metropolitan, mengatakan serangan itu adalah "pengingat yang menyedihkan" akan bahaya yang dihadapi petugas untuk menjaga keamanan warga London.

"Seringkali dilupakan oleh orang-orang yang menyerang profesi kami dan keputusan-keputusan sulit dan dinamis yang dihadapi para petugas setiap jamnya, bahwa kami bekerja dengan para pahlawan yang keberaniannya luar biasa," katanya.

Polisi Metropolitan mengoreksi usia bocah itu menjadi 14 tahun setelah sebelumnya menyatakan bahwa ia berusia 13 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.