Sukses

Banjir di Dubai Picu Harga Kamar Hotel Capai Rp35 Juta Per Malam, Ongkos Taksi Tembus Rp3 Juta

Banjir di Dubai mengakibatkan hotel mematok harga tinggi untuk semalam, ada juga peningkatan akun, di media sosial dan forum online, mengenai wisatawan dan penduduk di seluruh kota yang harus membayar harga taksi yang melambung tinggi.

Liputan6.com, Dubai - Wisatawan Dubai dan beberapa penduduk kini harus membayar lebih tinggi dari biasanya untuk akomodasi karena beberapa perusahaan menaikkan harga kamar hotel setelah curah hujan tertinggi mengguyur, yang menyebabkan sejumlah rumah terendam banjir dan jalan-jalan utama ditutup.

Ketika upaya penyelamatan dan pembersihan dari banjir Dubai terus dilakukan di seluruh kota, penduduk yang rumahnya terkena dampak banjir harus pindah ke hotel, sehingga menimbulkan perselisihan antara wisatawan dan penduduk. Demikian mengutip dari Khaleejtimes.com, Sabtu (20/4/2024). 

"Sejujurnya, ini adalah situasi yang menakutkan. Saya menyukai Dubai dan selalu datang ke sini. Namun menurut saya tidak etis bagi dunia usaha untuk mengambil keuntungan dari kesulitan masyarakat dan hal ini memberikan nama buruk pada kota yang tadinya besar," ujar Mona Ireland.

"Bahkan jika kami ingin pergi untuk menghindari meroketnya harga, kami tidak bisa melakukannya saat ini," tambah Mona, mantan penduduk UEA yang tiba di Dubai untuk berlibur kurang dari seminggu yang lalu dan memesan hotel di Motor City agar dekat dengan keluarga.

"Saya sedang berpikir untuk memperpanjang masa tinggal saya dan memeriksa hotel saya sebelum badai. Saya diberitahu bahwa ketersediaannya banyak, sehingga perpanjangan seharusnya tidak menjadi masalah," tambahnya.

"Sehari sebelum checkout, saya berbicara dengan resepsionis, dan mereka mengatakan hotel ini sekarang sudah penuh dipesan karena banjir dan orang-orang harus pindah ke hotel."

Setelah menelepon beberapa hotel di seluruh kota, Nona Ireland mendapat tarif mulai dari Dh1.000 atau sekitar Rp4 juta hingga Dh8.000 atau sekitar Rp35 juta per malam untuk kamar hotel standar --yang biasanya sebelum Dubai banjir dipatok harga mulai dari sekitar Dh345 atau Rp 1,5 juta per malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatnya Harga Hotel

Alex Jackson, 35, dan temannya, yang sedang berlibur di Dubai dari Inggris, sedang menunggu maskapai penerbangan mengkonfirmasi penerbangan mereka sebelum menuju ke bandara.

"Karena tidak ada keluarga di kota dan tidak mampu membayar harga hotel yang sangat mahal untuk waktu yang lebih lama, kami berencana untuk tidur di lobi sampai kami dapat keluar kota," katanya.

Meskipun hotel-hotel di seluruh kota dan kelompok induk yang kami hubungi menolak memberikan komentar, seorang staf hotel, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan: "kami tahu, semua orang menderita. Namun semua hotel menaikkan harga, jadi kami harus mengikutinya," ujar staf hotel tersebut. 

Pihak berwenang mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah dan tidak bepergian ke bandara kecuali penerbangan dikonfirmasi oleh maskapai penerbangan. Wisatawan diberitahu bahwa bandara tersebut, meski masih dibuka, hanya mengoperasikan sejumlah penerbangan terbatas.

Ada juga peningkatan akun, di media sosial dan forum online, tentang wisatawan dan penduduk di seluruh kota yang harus membayar harga taksi yang melambung, dan beberapa perjalanan memakan biaya lebih dari Dh700 atau sekitar Rp3 juta di dalam kota.

3 dari 4 halaman

Bantuan dari Komunitas di Dubai Bersatu

Namun, komunitas di Dubai telah bersatu dengan pemilik bisnis lokal dan inisiatif lokal di seluruh Dubai, berupaya membantu sesama warga.

Jeep Nation, sebuah komunitas nirlaba yang terdiri dari sekitar 1.000 pemilik Jeep dan penggemar alam luar, yang biasanya menghabiskan akhir pekan mereka di gurun atau pegunungan UEA, sejak Selasa (16/4/2024) telah menjalankan misi mereka untuk berkeliling kota membantu mengeluarkan mobil dari daerah banjir, dan menyelamatkan orang-orang yang terdampak dari banjir ini. 

"Beberapa orang terjebak di rumah mereka selama beberapa hari tanpa listrik, makanan atau air, jadi kami juga melakukan pengiriman ke tempat mana pun yang bisa dibawa oleh mobil kami," kata Saif Qadoumi dari Yordania, ketua Jeep Nation.

"Dapat dimengerti bahwa pihak berwenang kewalahan dan membutuhkan waktu untuk menjangkau masyarakat karena mereka sibuk menangani daerah-daerah yang berbahaya dan dilanda banjir parah. Jadi, kami mencoba menambahkan satu persen bantuan tambahan pada apa yang sebenarnya dibutuhkan, dengan melakukan apa yang kami bisa, di mana pun kami bisa." tambah Saif Qadoumi. 

Berbicara dari komunitas Mudon di Dubai Selatan, salah satu daerah pemukiman yang paling sering dilanda banjir di Dubai, Qadoumi yang berusia 34 tahun dan berprofesi sebagai insinyur kesehatan dan keselamatan, bersama dengan 10 mobil lainnya secara tidak resmi mendukung pertahanan sipil Dubai dengan upaya penyelamatan di daerah tersebut. Berupaya memasukkan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga yang terjebak. 

 

4 dari 4 halaman

Sekitar 200 Jeep Berkumpul Memberikan Bantuan

Selama beberapa hari terakhir, sekitar 200 pemilik Jeep berkumpul untuk memberikan bantuan jika memungkinkan di daerah yang terkena dampak termasuk Sheikh Zayed Road, Barsha South, Jumeriah Village Circle, Jumeirah Village Triangle, Al Khail Road dan Al Quoz.

"Jujur rasanya senang sekali, dan ucapan terima kasih dari pihak-pihak yang kami bantu sudah lebih dari cukup,” imbuhnya. "UEA dan kejadian ini mengajarkan kita banyak hal, terutama karena orang-orang saling mendukung dan bekerja sama membantu kami mencapai hal yang mustahil."

Farrah Kadom, 40, warga keturunan Irak-Kanada dan pemilik Blo Out Beauty Bar di Jumeirah Beach Road, dekat Al Manara, area kota yang pernah mengalami banjir besar, secara pribadi mengantarkan kliennya pulang ke rumah saat badai terjadi pada hari Selasa. "Saya hendak berangkat kerja, dan dia sudah menunggu lebih dari dua jam untuk kendaraan online yang tidak kunjung datang," kata Farrah Kadom.

"Dalam perjalanan pulang ke JLT, saya menurunkannya di Barsha dan menemukan dua wanita lainnya terdampar di jalan yang banjir bahkan tanpa payung, jadi saya pun menurunkan mereka di mal." Menunda perjalanan pulangnya beberapa jam untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

"Itu adalah hal yang baik untuk dilakukan, karena jika saya berada dalam situasi itu, saya ingin seseorang melakukan hal yang sama untuk saya." tambah Farrah kadom. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini