Sukses

Viral Aksi Heroik ART Indonesia Selamatkan Majikan Saat Gempa Taiwan Magnitudo 7,4

Saat gempa magnitudo 7,4 mengguncang Taiwan, Maya tidak langsung lari menyelamatkan dirinya. Namun, dia berupaya melindungi majikannya yang berusia lanjut.

Liputan6.com, Taipei - Gempa Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi, masih menyisakan banyak cerita. Salah satunya kisah tentang Maya, asisten rumah tangga (ART) asal Indonesia yang mencuri perhatian.

Maya disebut pemberani dan tidak egois karena saat gempa magnitudo 7,4 (versi USGS) mengguncang Taiwan, dia tidak langsung lari menyelamatkan diri, melainkan berupaya melindungi majikannya.

Apa yang dilakukan Maya terekam CCTV dan kemudian viral. Kamar Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) di Jakarta mengapresiasi Maya melalui unggahan di Facebook-nya.

"Maya, pembantu rumah tangga Indonesia yang super berani dan tidak egois, melindungi wanita tua Taiwan saat terjadi gempa besar. Kami menghargai CINTA BESAR ANDA," tulis TETO seraya menambahkan emoticon hati, bendera Indonesia, dan bendera Taiwan.

Atas aksinya, Maya diwawancarai oleh stasiun TV lokal. Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan kenapa lebih memilih melindungi majikannya dibanding menyelamatkan diri sendiri.

"Saya sayang sama nenek karena nenek juga sayang sama saya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

76 Bangunan Berisiko Ambruk

Melansir The Guardian, gempa Taiwan pada Rabu pagi yang berpusat di Hualien menyebabkan lebih dari 1.000 orang terluka dan setidaknya 10 orang tewas. Pada Jumat (5/4), tim penyelamat masih mencari 18 orang yang hilang.

Gempa tersebut disebut sebagai yang terbesar yang melanda Taiwan dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Menurut pejabat pemerintah setempat, setidaknya 176 bangunan di wilayah Hualien rusak atau hancur akibat gempa, yang juga menyebabkan sekitar 337 rumah tangga tanpa listrik, dan 3.750 rumah tangga tanpa air.

Dengan jumlah gempa susulan yang melebihi 300 dan 76 bangunan berisiko runtuh, jumlah orang yang mencari perlindungan masih bisa meningkat dalam beberapa hari mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.