Sukses

29 Orang Tewas dalam Kebakaran Kelab Malam di Turki

Pemerintah menunjuk tiga jaksa dan beberapa penyidik untuk mengusut kasus kebakaran kelab malam ini.

Liputan6.com, Istanbul - Kebakaran melanda sebuah kelab malam populer di Istanbul, Turki, pada Selasa (2/4/2024) saat tempat itu tengah direnovasi. Korban tewas dilaporkan mencapai 29 orang.

Kantor gubernur Istanbul menyebutkan satu orang dirawat di rumah sakit dengan luka serius. Demikian seperti dilansir AP, Rabu (3/4).

Kelab malam Masquerade, yang tengah ditutup karena renovasi, terletak di lantai dasar dan basement sebuah bangunan tempat tinggal 16 lantai di Distrik Besiktas di sisi Eropa yang dibelah dua oleh Selat Bosphorus.

Gubernur Davut Gul mengatakan kepada wartawan di lokasi kejadian bahwa penyebab kebakaran sedang diselidiki dan para korban diyakini adalah orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan renovasi. Kantor berita swasta DHA mengidentifikasi salah satu korban sebagai pegawai kelab malam.

Private NTV menyebutkan beberapa korban meninggal di rumah sakit setelah berhasil diselamatkan dari kobaran api.

"Pihak berwenang menahan delapan orang untuk diinterogasi, termasuk manajer kelab dan satu orang yang bertanggung jawab atas renovasi," sebut kantor Gul.

Pemerintah menunjuk tiga jaksa dan beberapa penyidik untuk mengusut kasus kebakaran kelab malam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Izin

Kelab malam – yang memiliki kapasitas untuk menampung 4.000 tamu, menurut situs web-nya – ditutup selama bulan suci Ramadan. Pemiliknya berusaha menyelesaikan pekerjaan renovasi tepat waktu dalam rangka menyambut libur Idulfitri.

"Sampai jumpa pada 10 April," tulis pengelola kelab itu dalam pesan yang diunggah di situsnya.

Polisi menutup daerah tersebut sementara aliran listrik dan gas alam ke lingkungan tersebut diputus sebagai tindakan pencegahan keamanan. Warga berhasil dievakuasi dari gedung dengan selamat.

Wali Kota Ekrem Imamoglu, yang terpilih kembali dalam pemilihan lokal pada hari Minggu, mengatakan pihak berwenang sedang memeriksa seluruh bangunan untuk menilai keamanannya.

"Kelab malam ini belum memperoleh izin yang diperlukan untuk melakukan pembangunan dan renovasi," kata wali kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini